Beranda Metropolis Kebakaran Toko Sembako di Pasar Anyar Diduga Akibat Konsleting Listrik

Kebakaran Toko Sembako di Pasar Anyar Diduga Akibat Konsleting Listrik

Kebakaran Toko Sembako di kawasan Pasar Anyar, Kota Bogor, Jumat (20/11/2020) malam.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua toko sembako di Jalan MA Salmun RT 02/03, Kelurahan Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, tepatnya depan kantor PGN Bogor, dilalap sijago merah.

Komandan Sektor Cibuluh, Ayub Sukmana mengatakan, kebakaran toko sembako terjadi pada pukul 18.30 WIB, dan mulanya melalap gudang kosong toko Inti Sari yang merupakan satu pemilik.

Api dengan cepat merambat ke bagian atap gudang kosong, dan merambat ke bagian toko sembako yang berada di sebelahnya. “Jadi pertama itu api terlihat di toko yang kosong di lantai tiga di bagian atapnya, dan merembet ke toko dua lantai yang ada disebelahnya yakni di bagian dapur,” kata Ayub kepada Radar Bogor, Jumat (20/11/2020).

radarbogor universitas terbuka

Ayub menjelaskan, petugas sempat kesulitan melakukan pemadaman api, lantaran setiap lantai disekat sehingga petugas Damkar terpaksa menggunakan alat pemotong besi untuk membuka akses tersebut.

Toko Sembako di Pasar Anyar Terbakar

Selain itu, petugas juga berjibaku melakukan pemadaman lantaran jarak toko dengan toko yang lain sangat rapat termasuk dengan Gereja Santapan Rogani Indonesia Bogor, karena dikhawatirkan api terus menjalar. “Alhamdulillah tim pemadam Kota Bogor menurunkan enam unit dan Damkar Kabupaten sebanyak lima unit,” katanya.

Sementara itu, Kabid Damkar Satpol PP Kota Bogor Ade Muhamad Ade Nugraha memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Hanya saja, kerugian materil diperkirakan cukup besar karena sembako di lantai dua hangus dilalap si jago merah, sedangkan satu bangunan lantai tiga juga sebagian besar terbakar. “Saya belum menghitung kerugian tetapi ditaksir kerugianya cukup besar,” ucap Ade.

Ade mengatakan, dugaan sementara kebakaran karena konsleting listrik, tetapi saat ini petugas tengah melakukan observasi untuk mengetahui penyebabnya. “Alhamdulillah pada pukul 20.40 WIB, api sudah terkendali, dan petugas masih melakukan pendinginan,” tukasnya.(ded)