Hari Santri, Bupati Libatkan 1.404 Ponpes Kampanyekan Protokol Kesehatan

Peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/10/2020). HENDI/RADAR BOGOR

CIBINONG-RADAR BOGOR, Peringatan hari santri nasional dimanfaatkan Bupati Bogor, Ade Yasin untuk mengampanyekan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 di Kabupaten Bogor.

Ade Yasin melibatkan para santri di 1.404 pondok pesantren (Ponpes) se-Kabupaten Bogor sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Ade mengimbau kepada santri di pesantren agar senantiasa memiliki perilaku pola hidup sehat dan bersih (PHBS) di tengah kondisi pandemi Covid-19.

“Santri juga harus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas sehingga akan terhindar dari penularan Covid-19,” ujar Ade usai upacara peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/10/2020).

Menurutnya, langkah awal kampanye protokol kesehatan di Ponpes se-Kabupaten Bogor ini dilakukan dengan membentuk satgas Covid-19 di masing-masing pondok pesantren.

Ia menjelaskan, satgas Covid-19 di setiap Ponpes ini berfungsi mengawasi potensi hilir mudik para santri, baik di area pondok pesantren maupun luar pondok.

Peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/10/2020). HENDI/RADAR BOGOR

Sehingga, potensi penyebaran Covid-19 dapat ditekan dengan minimnya pergerakan dari luar pesantrn ke dalam atau sebaliknya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga melakukan beberapa pengetatan sesuai Perbup tentang pembasatan sosial berskala besar pra adaptasi kebiasaan baru (PSBB pra-AKB).

Ade memaparkan, karena dalam Perbup yang dibuat, penghuni pesantren hanya boleh beraktivitas di dalam Ponpes dan tidak boleh keluar.

“Jadi tidak boleh ada keluar masuk. Bahkan ditengok pun tidak boleh. Itu juga berlaku untuk tenaga pengajar,” ungkap Ade Yasin.

Untuk diketahui, Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor itu mencatat sudah ada empat pondok pesantren di wilayahnya yang menjadi klaster penularan Covid-19.

Empat Ponpes tersebut berlokasi di tiga kecamatan, yaitu Cigombong, Gunungputri, dan Leuwiliang.

Peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (22/10/2020). HENDI/RADAR BOGOR

Pada peringatan Hari Santri Nasional itu, Ade Yasin juga menghaturkan terima kasih dan memberikan penghargaan kepada para peserta Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK) tingkat Kabupaten Bogor secara virtual tanggal 14-17 Oktober 2020, dan kafilah MTQ Kabupaten Bogor yang telah mengikuti MTQ tingkat Jawa Barat pada tanggal 3-11 September 2020 di Kabupaten Subang.

Dalam peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Bogor juga diberikan sejumlah perhargaan yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Bogor, Ade Yasin. (ded)