25 radar bogor

Anggaran Belanja di APBN 2021 Rp 2.750 Triliun, Ini Rinciannya

Ilustrasi-APBN
Ilustrasi APBN
Ilustrasi-APBN
Ilustrasi

Selanjutnya untuk anggaran pendidikan dipatok sebesar Rp 550,0 triliun atau 20 persen dari belanja negara.

Anggarannya difokuskan untuk meningkatkan kualitas SDM, kemampuan adaptasi teknologi, dan peningkatan produktivitas melalui pengetahuan ekonomi di era industri 4.0.

“Pemerintah akan melakukan reformasi pendidikan, melalui transformasi kepemimpinan kepala sekolah, transformasi pendidikan dan pelatihan guru,” jelasnya.

Anggaran lainnya ialah untuk pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebesar Rp 29,6 triliun, termasuk transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

Secara garis besar anggaran sektor TIK akan difokuskan untuk mengakselerasi transformasi digital guna penyelenggaraan pemerintahan, mewujudkan pelayanan publik yang efisien dan cepat di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan.

Selanjutnya ialah anggaran pembangunan infrastruktur yang dipatok  Rp 413,8 triliun. Anggaran itu diarahkan untuk penguatan infrastruktur digital serta mendorong efisiensi logistik dan konektivitas hingga penyelesaian kegiatan prioritas 2020 yang tertunda.

Adapun dana sektor ketahanan pangan dianggarkan sekitar Rp 104,2 triliun yang diarahkan untuk mendorong produksi komoditas pangan dengan membangun sarana dan prasarana, serta penggunaan teknologi hingga revitalisasi sistem pangan nasional dengan memperkuat korporasi petani/nelayan dan distribusi pangan.