Beranda Berita Utama Penting! Perhatikan Asupan Gizi Anak di Masa Pandemi

Penting! Perhatikan Asupan Gizi Anak di Masa Pandemi

Ilustrasi anak. (Erie Dini/Jawa Pos)

BOGOR-RADAR BOGOR, Asupan gizi anak wajib diperhatikan di tengah pandemi covid-19. Termasuk pemenuhan gizi mikro yang sangat penting untuk pertumbuhan. Faktanya, asupan gizi anak-anak Indonesia masih belum seimbang. Pemerhati kesehatan, Lula Kamal menyabut kondisi ini dapat berdampak buruk.

“Orangtua perlu mewaspadai kondisi ini, karena gejalanya yang tak kasat mata,” kata Lula dalam acara peluncuran Nestle Ideal sekaligus Program Nutrisi Keliling Ideal, Selasa (15/9/2020).
Lula membeberkan ciri-ciri anak kekurangan zat besi atau vitamin C. Yakni anak terlihat mudah lelah dan kehilangan konsentrasi ketika belajar. “Hal seperti inilah yang perlu diinformasikan kepada orangtua,” ujarnya.

Sebagai informasi, data yang terhimpun, sebanyak 50 persen anak Indonesia kurang mengonsumsi Zat besi. Sementara 80 persen anak Indonesia kurang mengonsumsi Kalsium, 70 persen anak Indonesia kurang mengonsumsi Vitamin A dan C – 60 persen anak Indonesia kurang mengonsumsi Zink.

radarbogor universitas terbuka

Selain itu, 45 persen dari anak Indonesia kekurangan Vitamin D.
Zat gizi mikro sangat penting untuk dipenuhi. Fungsinya bagi tubuh adalah mensintesis enzim dan hormon, serta berperan dalam menjaga semua organ dan indera tubuh tetap berfungsi dengan baik.

Berbagai fungsi zat gizi mikro untuk tubuh, di antaranya sebagai berikut: vitamin A berperan menjaga kesehatan mata; vitamin E menjaga kesehatan kulit; Zinc berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, sistem imunitas, sistem pencernaan, penyerapan zat gizi, mekanisme produksi insulin dan menjaga kesehatan jaringan tubuh; dan Zat besi berperan dalam metabolisme tubuh, perkembangan fungsi normal sel-sel tubuh dan pembentukan sel darah merah, serta hemoglobin.
Kemudian vitamin D berperan terhadap kesehatan tulang.

Vitamin C berperan membantu produksi kolagen untuk mencegah keriput, proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit, dan memperlambat proses penuaan.

Oleh sebab itu, penting bagi orangtua melengkapi kebutuhan rata-rata zat gizi mikro harian anak dengan takaran berdasarkan usia. Di antaranya: Usia 0-6 bulan Vitamin A dibutuhkan per hari sekitar 375 mikrogram (mcg), Vitamin D (5 mcg), Vitamin E (4 miligram), dan Vitamin K (5 mcg).