Beranda Olahraga All Sport Breaking News! Piala Thomas & Uber 2020 Resmi Ditunda

Breaking News! Piala Thomas & Uber 2020 Resmi Ditunda

Piala Thomas & Uber

JAKARTA-RADAR BOGOR, Mundurnya sejumlah negara termasuk Indonesia memberikan dampak besar pada penyelenggaraan Thomas & Uber Cup 2020. Hari ini (15/9), Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) akhirnya menunda turnamen beregu paling bergengsi di dunia tersebut.

 

Thomas & Uber Cup sejatinya berlangsung pada 3 sampai 11 Oktober mendatang di Aarhus, Denmark. Namun, pandemi global Covid-19 yang belum mereda, membuat beberapa kontestan membatalkan keberangkatan.

 

Sebelum Indonesia, negara lain seperti Korea Selatan, Thailand, Taiwan, dan Australia juga menarik diri dari turnamen dua tahunan itu.

 

“Keputusan ini datang dari mundurnya sejumlah negara yang menarik diri dari putaran final Piala Thomas dan Uber dan turnamen seri Eropa yang di-adjust sebagai turnamen BWF World Tour.” Demikian tulis BWF dalam keterangan resminya.

 

Sebelumnya, pada 11 September lalu, ada tiga alasan utama yang mendasari PBSI mengambil keputusan menarik diri dari Piala Thomas & Uber 2020. Pertama, diawali dari adanya rasa khawatir dari para atlet terhadap kemungkinan mereka akan terpapar Covid-19, baik dalam perjalanan, di tempat transit, atau di tempat pertandingan.

 

Kedua, para atlet dan ofisial menyuarakan keraguan mereka untuk ambil bagian di turnamen bergengsi ini karena tidak ada jaminan dari BWF (Badminton World Federation). Seandainya ada anggota tim yang terpapar Covid-19, terkait siapa yang akan bertanggungjawab menangani dan bagaimana penanganan selanjutnya.