25 radar bogor

Di Sini Lokasi Pusat Pemerintahan Kota Bogor yang Baru, Tak Jauh dari Rumah Bima Arya

Pusat Pemerintahan Baru
Tampak baliho besar sudah dipasang di lokasi, yang direncanakan untuk dibangun Pusat Pemerintahan Baru Kota Bogor di kawasan Kecamatan Bogor Timur.
Pemkot-Bogor
Tampak baliho besar sudah dipasang di lokasi, yang direncanakan untuk kantor pusat pemerintahan Kota Bogor  di kawasan Kecamatan Bogor Timur.

Pantauan Radar Bogor kemarin pagi, beberapa titik lahan masih ditumbuhi tanaman olahan. Entah milik warga, atau sang penguasa tanah yakni Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Kalau kita melihat maketnya, luar biasa. Kita mengidam-idamkan, suatu saat pusat Kota Bogor menjadi benchmark (tolok ukur) dari pemerintahan di seluruh Indonesia,” kata Bima.

Bima bilang, ada tiga identitas yang akan ditanam di kawasan itu nanti. Bogor sebagai kota pusaka (heritage), hijau (green), dan cerdas (smart). Sehingga, semua ini, termasuk pembangunan kawasan apartemen dan fasilitas lainnya mengarah ke sana.

“Ini bagian dari konsep tata ruang kota yang sudah kami pikirkan, dokumentasikan, arsipkan, dan rencanakan sejak 2014. Kita ingin Istana dan Kebun Raya menjadi heritage yang dijaga,” terang Bima lagi.

Nantinya, aktivitas masyarakat di pusat pemerintahan yang lama akan diisi dengan warga yang naik sepeda, berjalan kaki, dan lain – lain.

Balaikota bahkan kata Bima bisa menjadi museum seperti di Singapura. Aktivitas pusat kota dikurangi. Maket Pemerintahan Kota Bogor ke depan kemudian dinilai ideal di mata Bima.