25 radar bogor

Gara-gara Pandemi, Serapan APBD Kabupaten Bogor Turun Signifikan

Bupati Bogor, Ade Yasin.
Bupati Bogor, Ade Yasin.

Ia menegaskan, seluruh jajaran dinas akan dikumpulkan untuk rapat evaluasi tersebut. Iwan menginginkan agar serapan itu bisa dipilah dari semua dinas agar lebih jelas. Dengan begitu, pemkab bisa tahu jajaran mana yang melaksanakan pekerjaannya dengan benar.

Pemerintah kabupaten (pemkab) juga tengah fokus menangani pandemi Covid-19. Sebagian anggaran dialihkan untuk penanganannya, baik bidang kesehatan maupun non-kesehatan.

Berbagai upaya pemulihan ekonomi juga terus digenjot untuk memperbaiki serapan itu. Bahkan, pemda diminta agar memperbanyak belanja negara.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Irvan Baihaqi tak menampik jika pandemi menghantam pundi-pundi ekonomi pemerintahan. Hal itu juga akan berimbas pada serapan anggaran daerah masing-masing.

Ia mencontohkan, PAD pemkab Bogor seharusnya sudah mencapai 30–40 persen setiap pertengahan bulan. Faktanya, angkanya mentok di kisaran 10–12 persen.

’’Faktanya, kas kita memang agak terganggu. Kebijakan pemerintah untuk membangkitkan roda ekonomi, salah satunya untuk mendorong agar PAD bagus dan memang perlu didukung,” tandasnya.(mam)