25 radar bogor

Gara-gara Pandemi, Serapan APBD Kabupaten Bogor Turun Signifikan

Bupati Bogor, Ade Yasin.
Bupati Bogor, Ade Yasin.

CIBINONG–RADAR BOGOR, Serapan APBD Kabupaten Bogor mengalami penurunan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, hingga Agustus penurunannya sudah mencapai 60 persen.

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, serapan minim dipengaruhi dengan kondisi pandemi Covid-19. Banyak anggaran yang dialihkan.

’’Lalu anggaran infrastruktur walaupun jalan tapi agak terlambat, sehingga angkanya (serapan) masih di bawah 50 persen. Tapi insyaallah kita akan kejar karena masih ada waktu setengah tahun ya,” ungkapnya, Kamis (13/8/2020).

Penurunan serapan anggaran itu, kata Ade, dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di antaranya seperti banyak pekerjaan lapangan terhambat karena PSBB yang terus diperpanjang. Sebagian pekerjaan juga masih dilakukan secara jarak jauh atau work from home (WFH).

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menambahkan, pemaparan serapan anggaran secara nasional sempat digelar. Ia menyebutkan, hingga Agustus sera pananggaran Kabupaten Bogor berada di angka 31 persen.

Tentu saja, tak banyak berbeda dengan daerah lainnya selama masa pandemi ini. Hanya wilayah Jakarta yang serapan anggaran nya masih tetap terjaga.