25 radar bogor

PDIP Sarankan Jokowi Segera Rombak Rancang Bangun Komite Covid-19

Presiden-Jokowi
Presiden Jokowi

Masing-masing sektor itu memimpin Kelompok Gugus Tugas Di bidang Ekonomi, Kesehatan dan Pemerintahan yang berisi semua Kementrian dan Lembaga Terkait, Pemerintah Daerah dan stakeholder lain yang dianggap penting dan terkait.

Format seperti ini menurut Deddy akan lebih efektif, sebab Presiden dan Para Menko bisa fokus pada Arah dan Strategi Kebijakan sementara Sektor sebagai Pelaksana Harian bisa Fokus pada implementasi Program di lapangan. “Presiden harus memimpin langsung, itu kata kuncinya,” pungkas Deddy.

Perlu diingat bahwa seluruh dunia sudah memasuki resesi yang bersifat global. Di mana keberhasilan kita melakukan pemulihan ekonomi juga sangat tergantung pada faktor eksternal.

Saat ini diuntungkan karena besarnya volume produk komoditi dipasar global tetapi menderita di sektor manufaktur dan jasa. Karena itu pemerintah juga harus memberikan perhatian pada masalah ini, outward looking dibutuhan dalam mendesain kebijakan jangka panjang.

Di sisi lain, meskipun ada harapan dalam perkembangan vaksin yang sudah memasuki fase 3, menurut Deddy hal itu tidak bisa dijadikan solusi determinan.

Banyak persoalan yang perlu diselesaikan di luar vaksin, seperti: mobilisasi birokrasi, pengembangan dan perbaikan regulasi, pengembangan kapasitas pelayanan kesehatan, ketersediaan obat dan bahan penunjang hingga melembagakan disiplin masyarakat dalam penerapan adaptasi baru (new normal).