25 radar bogor

PDIP Sarankan Jokowi Segera Rombak Rancang Bangun Komite Covid-19

Presiden-Jokowi
Presiden Jokowi
Presiden-Jokowi
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (15/3/2020)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Anggota Komisi VI DPR RI Deddy Yevri Sitorus menilai, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terkesan pincang.

Bukan tidak mungkin, tujuan pembentukan Komite untuk mengintegrasikan sektor kesehatan dan ekonomi dalam rangka menghadapi pandemi itu berpotensi gagal.

“Dilihat dari struktur Komite yang dibentuk melalui Perpres Nomor 82 tahun 2020 itu, tidak bisa dihindari kesan bahwa pemerintah memberikan fokus yang terlalu besar dalam bidang ekonomi dan lemah dalam aspek kesehatan,” kata Deddy, melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Selasa (4/8/2020).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengingatkan, masalah ekonomi yang dihadapi saat ini adalah dampak dari terjadinya pandemi global. Tidak mungkin ekonomi bisa dipulihkan jika penanganan pandemi Covid-19 tidak dilakukan secara maksimal.

Malah sebaliknya, lanjut Deddy, apabila penanganan pandemi dilakukan secara efektif maka program pemulihan ekonomi nasional akan dengan sendirinya berpotensi membaik.

Oleh karena itu, konsentrasi yang terlalu besar dibidang pemulihan ekonomi yang tidak paralel dengan upaya melawan Covid-19 berpeluang menjadi sia-sia belaka.