Hadi Pranoto Sebut Ratu Elizabeth II Pesan Obat Corona Buatannya

Hadi Pranoto dengan ramuan anti Covid-19.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Hadi Pranoto, semakin percaya diri dengan obat virus corona buatannya. Meski banyak kalangan mempertanyakan khasiat ramuan anti Covid-19 ciptaannya.

Baru-baru ini nama Hadi Pranoto viral karena mengaku sebagai profesor sekaligus kepala Tim Riset Formula Antibodi. Hal ini ia sampaikan dalam wawancara bersama penyanyi, Anji.

Konten berupa video ini kemudian diunggah ke kanal YouTube dunia MANJI dengan judul ‘Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!!’.

Konten tersebut kini telah dihapus oleh pihak YouTube karena dianggap melanggar kebijakan komunitas. Keduanya bahkan sudah dilaporkan Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya.

Belum selesai kasus yang pertama, Hadi Pranoto sudah kembali membuat heboh. Kali ini ia mengaku bahwa obat antibodi corona buatannya sudah dipesan Ratu Elizabeth II. Mengutip kumparanNEWS, Hadi mengatakan Ratu Inggris meminta obat buatannya untuk menyembuhkan keluarga.

Sayangnya, ketika ditanya soal kapan Ratu Elizabeth II memesan obatnya, Hadi tidak menjawab. Ia hanya mengatakan obatnya itu sudah diakui dunia dan bermanfaat untuk orang banyak.

Mungkin keluarga Ratu Elizabeth II yang dimaksud oleh Hadi Pranoto adalah Pangeran Charles. Calon penerus tahta Kerajaan Inggris ini memang sempat dinyatakan positif corona pada Maret lalu.

Menurut berita yang beredar, diduga Pangeran Charles sakit setelah bertemu dengan Pangeran Albert dari Monako pada 10 Maret. Dan Pangeran Albert sendiri sudah dinyatakan positif corona setelah melakukan tes.

Kini, Pangeran Charles sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi diri selama kurang lebih dua minggu. Selama masa penyembuhan, banyak spekulasi yang beredar mengenai bagaimana cara Pangeran Charles bisa sembuh dari corona. Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa pria 71 tahun ini sembuh berkat melakukan perawatan tradisional Ayurveda.

Kabar ini disampaikan oleh Shripad Naik, Menteri Negara Kesatuan untuk AYUSH, sebuah organisasi pusat pembelajaran Ayurveda di India, mengklaim bahwa perawatan ayurvedic membantu Pangeran Charles sembuh dari corona.

Tetapi hal ini langsung dibantah oleh juru bicara Charles pada April lalu. Pihak Pangeran Charles menyatakan bahwa ayah dua anak ini sembuh karena mengikuti saran medis dari Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris.

Melansir Indian Express, juru bicara Clarence House memberikan keterangan melalui email bahwa kabar Pangeran Charles sembuh karena pengobatan tradisional tidak benar.

“Informasi tersebut salah. Prince of Wales (sembuh karena) mengikuti saran medis dari NHS di Inggris dan tidak melakukan hal lain,” ungkap juru bicara Clarence House kepada Indian Express.

Jadi keterangan yang diberikan oleh Hadi Pranoto belum tentu benar. Sebab hingga saat ini, kumparan telah berusaha mengkonfirmasi kebenaran kabar tersebut kepada Kedutaan Besar Inggris di Indonesia, namun mereka enggan berkomentar.

“Kedutaan Inggris tidak ingin respons, kami takut menciptakan lebih banyak berita tentang hal ini,” demikian pernyataan Kedubes Inggris.(pin/kumparan)