25 radar bogor

Penumpang Melandai, Bus Gratis Kemenhub di Stasiun Bogor Bertahap Dikurangi

Bus Gratis
KERJA SAMA: Wali Kota Bima Arya bersama Kepala BPTJ Polana dan jajarannya usai peluncuran bus berbayar di area Stasiun Bogor, kemarin.

Salah satunya pengurangan secara bertahap layanan bus gratis bagi pengguna KRL hingga Desember 2020.

Bus gratis tetap dipertahankan hingga akhir 2020, namun keberadaannya akan dikurangi secara bertahap. Langkah ini terutama untuk mengakomodir kelompok masyarakat yang sangat bergantung pada KRL, karena kemampuan finansial yang terbatas.

“Manakala mereka tidak tertampung sarana KRL karena keharusan penegakan protokol kesehatan. Pengurangan bus dilakukan dengan tetap mempertimbangkan dinamika kondisi yang terjadi,” kata Polana.

Sebagai penggantinya, sambung dia, BPTJ akan melakukan penyediaan dan peningkatan layanan bus JR Connexion di wilayah Bogor dan sekitarnya. Kebijakan ini untuk mengakomodir kelompok pengguna KRL yang memiliki kemampuan finansial lebih untuk memanfaatkan moda lain manakala mereka tidak terakomodir KRL.

Layanan bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion) merupakan layanan bus “jemput bola” dengan titik pemberangkatan dari tempat yang berdekatan dengan pemukiman calon penumpang menuju titik-titik tertentu di Jakarta.

Sifat layanan bus ini adalah point to point, pada pagi hari (jam berangkat kantor) dari daerah pemukiman menuju titik tertentu di Jakarta dan pada sore hari (jam pulang kantor) dari titik tertentu di Jakarta menuju pemukiman yang menjadi tujuan asal layanan tersebut.