Beranda Pendidikan Dalam Waktu Dekat, Kurikulum Pembelajaran Jarak Jauh Bakal Disederhanakan

Dalam Waktu Dekat, Kurikulum Pembelajaran Jarak Jauh Bakal Disederhanakan

Mendikbud Nadiem Makarim saat berkunjung ke sejumlah sekolah di Kota Bogor pekan lalu.

BOGOR – RADAR BOGOR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengaku, dalam waktu dekat ini bakal menyederhanakan kurikulum pembelajaran jarak jauh (PJJ), di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini.

Nadiem mengatakan, jika saat ini pihaknya tengah melakukan proses penyederhanaan kurikulum PJJ. Kemendikbud menjawab bahwa dalam waktu dekat akan mengumumkan skema penyederhanaan kurikulum, yang bisa diterapkan dalam kondisi darurat.

Menurutnya, hal wajar jika kurikulum saat ini menjadi sorotan. Lantaran pembelajaran dilakukan secara daring, tanpa bertatap muka. Fleksibilitas dan penyesuaian kondisi wilayah, menjadi salah satu bocoran, akan penyederhanaan kurikulum anyar ini.

“Sedang dirumuskan konsep penyederhanaannya. Yang jelas model pembelajaran saat ini mengedepankan unsur fleksibilitas. Jadi sekolah bisa mengatur apa yang cocok untuk kondisi mereka. Kurang lebih begitu gambarannya,” katanya.

Nadiem melihat beberapa tantangan yang dihadapi orang tua dan siswa dalam menyelenggarakan PJJ. “Pertama adalah penyediaan sarana pembelajaran, kedua adalah pengadaan kuota, ketiga adalah penyederhanaan kurikulum, dan keempat adalah penerapan pendidikan karakter,” urainya.

Menjawab tantangan tersebut, Mendikbud berkomitmen untuk memperbaiki kualitas jaringan. Namun, untuk itu perlu ada kolaborasi antar kementerian dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan.