25 radar bogor

Dalam Waktu Dekat, Kurikulum Pembelajaran Jarak Jauh Bakal Disederhanakan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) Nadiem Makarim

Sejak peluncuran Merdeka Belajar, ia berharap para guru melaksanakan pembelajaran yang bervariasi, misalnya guru dapat memilih kompetensi dasar dan materi esensial yang bisa dilaksanakan selama masa pandemi Covid-19.

“Pada situasi pandemi ini banyak guru mulai menjalankan inovasi pembelajaran. Kami yakin para guru mampu memilih dan memilah kompetensi dasar yang mungkin terlalu rumit untuk disederhanakan,” ungkapnya.

Apabila ada hambatan akses jaringan, pulsa, gawai, atau guru belum terlatih dengan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK),  Fahrudin mengatakan pembelajaran tidak perlu dilakukan melalui pembelajaran daring tapi bisa dipilih melalui pembelajaran luring atau yang paling konservatif adalah dengan memanfaatkan buku pegangan siswa dan guru.

“Kalau dulu buku pegangan siswa ini hanya boleh dipakai di sekolah, maka sekarang harus dipinjamkan kepada siswa agar bisa dipelajari di rumah, kemudian guru nanti setiap saat entah melalui orang tuanya atau guru kunjungan ke rumah atau kunjungan ke kelompok-kelompok kecil,” tukasnya. (dka/c)