25 radar bogor

PKS Lirik Cucu Paku Buwono Jadi Lawan Gibran

Ilustrasi PKS. Foto: dok/JPNN.com

Ilustrasi PKS. Foto: dok/JPNN.com

SOLO-RADAR BOGOR, Calon tunggal dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Solo berpeluang tidak terwujud.

Itu terjadi apabila Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berhasil menggalang koalisi untuk memunculkan calon alternatif melawan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP.

Ya, dengan hanya memiliki lima kursi di DPRD Solo, PKS belum memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan calon. Masih kurang empat kursi untuk mencapai syarat minimal 20 persen kursi DPRD.

’’Masih ada harapan. Kami berusaha Solo ada calon alternatif,’’ kata Ketua DPW PKS Jawa Tengah Abdul Fikri Faqih kepada Jawa Pos kemarin (28/7/2020). Koalisi yang terbentuk nanti memiliki waktu untuk mencari figur calon sebelum pendaftaran ke KPU pada 4–6 September.

Faqih belum yakin semua partai pemilik kursi di DPRD Solo sudah mendukung Gibran. Sejauh ini, kata dia, baru PDIP yang secara terang mendukung pasangan Gibran-Teguh melalui surat keputusan rekomendasi.

Partai lain seperti PAN dan Gerindra yang masing-masing punya tiga kursi belum mengeluarkan rekomendasi secara tertulis. Hanya berupa dukungan secara lisan dari elite partai.