25 radar bogor

Sekjen PDIP Desak Pemerintah Segera Eksekusi Program Padat Karya

Di samping pelaksanaan program padat karya, lanjut Hasto, PDIP juga menaruh perhatian pada isu keadilan sosial, kemandirian pangan serta kesehatan, dan efektivitas pasar domestik. PDIP, tambah Hasto, menginginkan impor untuk komoditas perlu dihentikan sementara ini, dan dibelanjakan dalam negeri.

“Bu Mega telah mencanangkan program tanam tanaman yang bisa dimakan. Gerakan tanaman pendamping beras, kemudian buah-buahan lokal ini yang kita kedepankan. Karena itu kami akan terima masukan-masukan dari Apindo agar partai bisa memberikan direction dalam menghadapi berbagai persoalan yang tidak mudah itu,” jelas dia.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya mengapresiasi sikap PDIP yang selalu mendukung Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, khususnya di saat pandemi covid-19.

“Presiden juga meminta agar mari kita semua menyamakan frekuensi. Kalau kita dalam kondisi krisis, bahkan semua menteri dan kader PDIP ini, supaya kita bergerak bersama atau gotong royong,” kata Basuki.

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan, saat ini ada 14 program infrastruktur berbasis masyarakat yang merupakan padat karya.
“Tujuannya untuk mempertahankan daya beli masyarakat supaya masyarakat punya uang dan mengurangi angka pengangguran,” kata Basuki.

Hariyadi Sukamdani dari Apindo juga mendukung jika Pemerintah mendorong terlaksananya program padat karya. Sebab berdasarkan data yang ada, nilai investasi yang masuk ke Indonesia memang meningkat.