25 radar bogor

Merajut Kusut Teologi dan Ideologi

Dalam memahami Teologi, yakni pencarian manusia akan sesuatu yang transenden tersebut, sangat diperlukan komunikasi di dalamnya, karena dengan proses komunikasi tersebut manusia dapat menyatakan dirinya secara utuh dalam hal mencari sesuatu yang transenden atau biasa dikatakan “Tuhan”.

Sedangkan, jika dilihat lebih dalam mengenai komunikasi pada abad pertengahan, bahwa komunikasi di dalam negara kota saat itu menjadikan mitos sebagai sesuatu yang sakral, sehingga terjadi pembungkaman atas komunikasi tersebut, karena segala sesuatu telah mendapatkan penjelasannya. Dalam hal tersebutlah Teologi dijadikan sebagai ratu segala ilmu pengetahuan, komunikasi tidak berlangsung secara terbuka dan demokratis.

Berlatarkan kasus pro – kontra diatas sudah seharusnya bagi pemerintah Jokowi hadir untuk mengambil sikap elegan dalam mendamaikan hiruk pikuk perdebatan terkait HIP yang semakin hari semakin menggelinding bagaikan bola api panas yang lambat laun mulai merontokan kepercayaan publik terhadap segala kebijakan pemerintah terkhusus terhadap partai pendukung presiden.