25 radar bogor

Punya Pengaruh Besar, Jokowi Tak Bakalan Melengserkan Luhut

Luhut
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan

JAKARTA-RADAR BOGOR, Berdasarkan hasil survei, setidaknya ada 10 menteri Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai bisa saja kena reshuffle. Salah satu di antaranya adalah Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Akan tetapi, rasanya sulit membayangkan Menko Luhut diganti oleh Presiden Jokowi. Demikian disampaikan pengamat politik dari Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin dihubungi pojoksatu.id (radarbogor.id group), Selasa (7/7/2020).

Ujang menilai, khusus Menko Luhut, Presiden Jokowi memiliki penilaian berbeda dibanding menteri lainnya. “Bagus atau tidaknya kinerja Luhut sebagai menteri, tidak akan menjadi masalah bagi Presiden Jokowi,” kata Ujang.

Selain sebagai menteri, sambungnya, Luhut juga memiliki pengaruh besar atas keberlangsungan kekuasaan. “Luhut itu merupakan orang yang paling penting dan bisa menopang kekuasaan Jokowi,” ulas dia.

Karena itu, Ujang yakin bahwa Luhut tidak akan dilengserkan Jokowi. “Jadi kalau secara politis, Luhut kemungkinan tak akan direshuffle,” lanjut Ujang.

Dosen Universitas Al-Azhar Indonesia ini mengatakan, jabatan menteri itu dilihat dari dua sisi. Yakni kinerja dan pandangan politik.