Beranda Metropolis

Soal Kondisi Terminal Bubulak yang Memprihatinkan, Ini Tanggapan Dishub

terminal bubulak kota bogor semrawut
Terminal Bubulak (Nelvi/Radar Bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR,Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Dody Wahyudin merespon soal Terminal Bubulak yang menjadi sorotan Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim.

Dody menga­mini bahwa Terminal Bubulak tidak terawat. Diperparah lantaran akses masuk terminal yang juga rusak parah.

“2019 ini, dishub sudah meng­anggarkan perbaikan sarana dan prasarana, agar Terminal Bubulak dapat berfungsi secara optimal,” katanya.

Kumuh dan Memprihatinkan, Wawalkot: Terminal Bubulak Perlu Dikaji Ulang!

Menurutnya, perbaikan akses jalan masuk Terminal Bubulak menjadi prioritas agar masya­rakat maupun sopir tidak berpikir dua kali untuk masuk terminal.

“Selain perbaikan akses masuk terminal, Dishub Kota Bogor juga akan melengkapi rambu lalu lintas di kawasan terminal, mulai dari rambu parkir, dan petunjuk arah. Angga­ran yang disediakan berkisar Rp900 juta,” tuturnya.

Di sisi lain, dikatakan Dody, belum lama ini, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan survei agar Terminal Bubulak menjadi lokasi dibangunnya park and ride.

“Nantinya, masyarakat di wilayah Bogor Barat yang akan ke Jakarta diharapkan dapat memarkirkan kendaraannya di Terminal Bubulak, dan meneruskan perjalanan meng­gu­nakan moda transportasi massal,” bebernya.

Wacana tersebut, menurut Dody, akan berdampak positif bagi kelangsungan Terminal Bubulak. Revitalisasi Terminal Bubulak menurut Dody juga akan dilakukan secara bertahap sehingga nyaman bagi penumpang.

“Ini merupakan upaya penataan transportasi yang lebih maju, untuk revitalisasi total terminal memang belum memungkinkan, ya bertahap mungkin dari pedestriannya dulu, lanjut gedung parkirnya, kita harus selaraskan dengan skema park and ride,” kata Dody.(wil/c)

Baca Juga