25 radar bogor

Ada Tsunami Kecil, Dua Orang Dikabarkan Meninggal Akibat Gempa di Ambon

AMBON-RADAR BOGOR,Gempa berkekuatan 6,8 skala richter (SR) mengguncang Ambon, Maluku sekitar pukul 06.46 WIB. Dengan kedalaman sekitar 10 km. Akibat gempa itu, beberapa bangunan mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Hasil analisis http://realtime.inasafe.org menunjukkan bahwa gempa ini terjadi didarat dengan intensitas maksimum VII-VI MMI,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Kamis (26/9).

Ambon Diguncang Gempa, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Video Detik-Detik Pasca Kota Ambon Diguncang Gempa Magnitudo 6,8

Menurut Agus, gempa tersebut tergolong menunjukkan goncangan kuat dan kemungkinan membuat kerusakan untuk bangunan yang tidak tahan gempa. BNPB melalui BPBD masih melakukan penghitungan kerusakan akibat gempa tersebut.

Berdasarkan informasi yang diperoleh sempat terjadi tsunami kecil dan juga dikabarkan dua orang meninggal.

Video Detik-Detik Pasca Kota Ambon Diguncang Gempa Magnitudo 6,8

Satu orang sudah teridentifkasi atas nama Ny Hajah Kebo meninggal dunia saat gempa bumi susulan mengguncang Ambon berkekuatan 5,6 SR. Perempuan tersebut meninggal karena terjatuh dari motor saat menyelamatkan diri.

“Korban meninggal dunia karena terjatuh dari sepeda motor ketika berusaha menyelamatkan diri saat terjadi guncangan susulan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ambon, Muslimin, di Ambon, Kamis (26/9/2019). (jpg/kom/ysp)