25 radar bogor

Ambon Diguncang Gempa, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Rumah warga Ambon rusak diguncang gempa. (dok.BNPB)

AMBON-RADAR BOGOR,Gempa berkekuatan 6,8 skala richter (SR) mengguncang Ambon, Maluku sekitar pukul 06.46 WIB. Dengan kedalaman sekitar 10 km. Akibat gempa itu, beberapa bangunan mengalami kerusakan yang cukup parah.

“Hasil analisis http://realtime.inasafe.org menunjukkan bahwa gempa ini terjadi didarat dengan intensitas maksimum VII-VI MMI,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangannya, Kamis (26/9).

Video Detik-Detik Pasca Kota Ambon Diguncang Gempa Magnitudo 6,8

Menurut Agus, gempa tersebut tergolong menunjukkan goncangan kuat dan kemungkinan membuat kerusakan untuk bangunan yang tidak tahan gempa. BNPB melalui BPBD masih melakukan penghitungan kerusakan akibat gempa tersebut.

“Laporan kerusakan terkini dari Pusdalops BNPB, satu jembatan retak di Ambon dan satu bangunan Universitas Pattimura rusak ringan,” tukas Agus.

BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga hari Kamis, 26 September 2019 pukul 07.45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 10 aktivitas gempabumi susulan (aftershocks) dengan magnitude terbesar M5,6.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (JPG)/ysp)