25 radar bogor

Pemagaran Kawasan MNC Land, Camat Cigombong Jamin Akses Warga Tak Ditutup

Salah satu titik lokasi pemagaran kawasan MNC Land di Kampung Ciletuh Hilir, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong.

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Camat Cigombong, Basrowi memastikan akses jalan yang dikhawatirkan warga Kampung Ciletuh Hilir, Desa Wates Jaya, Kecamatan Cigombong tidak akan terganggu lantaran adanya rencana pemagaran yang dilakukan MNC Land.

Warga Cigombong Khawatir Akses Jalan Bakal Ditutup, MNC Land : Kita Tidak Sewenang-wenang

Menurutnya pihak pengembang tidak akan menutup akses warga. “Tidak mungkin ditutup jalan masyarakat. Kan sudah diatur undang-undang,” ujarnya.

Ia menghimbau agar warga tak usah cemas dengan informasi adanya rencana penutupan akses tersebut.

Hal senada diungkapkan, Koordinator Humas Divisi Estate Management MNC Land, Azwar. Menurutnya menutup akses warga itu melanggar undang-undang sehingga pihaknya menjamin keberadaan MNC Land tak akan membuat masalah baru bagi warga.

“Saya menjamin itu tidak akan terjadi,” katanya kepada Radar Bogor, Rabu (26/6). Lanjut Azwar, sebelum melakukan pemagaran, pihaknya akan melakukan verifikasi ulang berkaitan dengan batas tanah antara kampung dan tanah milik perusahaan.

Karena, lahan milik perusahaan masih banyak yang digunakan warga. “Lahan kita banyak dipakai orang kampung. Ada yang garasi, dapur dan lain sebagainya milik warga menjorok ke lahan kita. Jadi kita verifikasi batas lagi dengan warga, karena kita gak mau ketika kita patok lahan, terus warga komplain,” ungkapnya.

Azwar menuturkan, rencana pemagaran tersebut akan dilakukan terhadap lahan proyek Theme Park MNC Land seluas 80 hektare. Akan tetapi, untuk lahan yang berbatasan dengan kampung akan dilakukan pemagaran panel beton atau arcon.

Saat ini, kata dia, rencana pemagaran masih menunggu verifikasi batas. “Artinya langkah-langkah sudah disetujui kedua belah pihak baru kita lakukan pemagaran,” katanya.

Akan tetapi, sambung dia, jika verifikasi batas antara tanah warga dan perusahan mendapati kendala. Pihaknya bakal melibatkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menyelesaikan permasalahan batas tanah.

Untuk diketahui, megaproyek berupa resor di kawasan Lido, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, sepertinya bakal segera digeber.

Kabar teranyar, pemilik MNC Grup Hary Tanoesoedibjo bersama bersama putra Donald Trump, yakni Donald Trump Jr, bakal pre launching MNC Lido City dalam waktu dekat ini.(drk/ded/net/c)