25 radar bogor

Polres: Lama Pemberlakukan Sistem Satu Lajur di Jalur Puncak Belum Bisa Ditentukan

BERGANTIAN: Para pengendara motor yang melintas di jalur Puncak tepatnya Puncak Pass, perbatasan Kabupaten Bogor dan Cianjur, harus mengantre. Mulai kemarin (30/3), polisi baru membuka satu jalur bagi pengendara motor dan mobil (Sofyansah/Radar Bogor)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemberlakukan sistem satu jalur akibat keretakan Jalan Raya Puncak Kabupaten Bogor, masih terus diberlakukan hingga batas waktu belum ditentukan.

Kasubag Humas Polres Bogor, AKP Ita Puspita Lena menjelaskan, lamanya pemberlakukan satu lajur belum bisa ditentukan. Karena kerusakan akibat longsor cukup parah. “Sekarang saja sudah hujan lagi. Kami juga belum tahu berapa lama selesai perbaikannya,” tuturnya.

Sementara itu Pakar Transportasi, Djoko Setijowarno, menilai kawasan Puncak sekarang bukanlah seperti Puncak yang dulu. Menjamurnya permukiman dan berkurangnya lahan hijau menjadi salah satu sebab longsor sering terjadi di puncak.

Penataan Jalur Puncak, Mulai Pemberantasan PKL hingga Pelarangan Kendaraan Besar

“Faktor lingkungan yang justru jadi pemicu. Karena mungkin hulu sudah benar-benar rusak. Saya rasa Kementerian PUPR harus menghitung ulang sejauh mana beban-beban kendaraan yang layak untuk melintasi jalur puncak,” tutur Djoko.

Saat ini, beberapa jalur Puncak memang masih dalam proses revitalisasi pemadatan tanah. Terutama di bagian dataran tertinggi, ruas antara kawasan Riung Gunung, Gunung Mas, hingga Ciloto.

Jika nanti selesai, kata Djoko, Kementerian PUPR harus cermat menghitung apakah bus juga layak untuk melintas. “Tugas utama pemerintah, bagaimana meminimalisir sebisa mungkin kendaraan yang akan melintasi puncak, sekaligus menyiapkan opsi lain untuk para wisatawan yang hendak ke puncak,” ungkapnya.

Kendaraan Besar Dilarang Lintasi Riung Gunung Puncak, Ini Jalur Alternatifnya

Sebagai informasi, Kementerian PUPR tengah melakukan konstruksi pelebaran jalur Puncak Bogor, mulai dari Gadog (Ciawi) hingga Megamendung-Cisarua.

Pelebaran untuk mengurai kemacetandari arah Jakarta menuju kawasan Puncak dan sebaliknya yang kerap terjadi saat akhir pekan atau libur panjang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, pelebaran jalur puncak merupakan bagian dari penataan kawasan Puncak bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor yang diikuti dengan pemindahan pedagang kaki lima ke tempat yang lebih layak dan aman.(fik/rp1/cr3/d)