25 radar bogor

Ini Kronologis dan Daftar 15 Siswa Pramuka yang Hilang di Hutan Samarinda

KALTIM-RADAR BOGOR, Pencarian terhadap 15 siswa pramuka peserta lomba lintas alam (LLA) yang diselenggarakan Gugus Depan Pramuka Universitas Mulawaman (Unmul) di hutan Jalan Batu Cermin, Kota Samarinda, Kaltim, masih dilakukan.

Seperti yang diketahui, 3 tim yang terdiri dari 15 orang peserta dikabarkan tersesat, dan hingga pukul 08.30 Wita, Senin (30/4) dan hingga kini belum juga ditemukan.

Dari informasi yang dihimpun, rangkaian kegiatan perlombaan tersebut dimulai sejak 26-30 April, dan LLA dilakukan pada Minggu (29/4/2018) kemarin, sejak pukul 07.30 Wita, yang diikuti 59 tim dari kab/kota di Kaltim, di antaranya peserta putra 30 sangga dan peserta putri 29 sangga. Per-sangga diisi 5 peserta.

Diduga Salah Jalur, 15 Siswa Pramuka Peserta Lintas Alam Hilang di Hutan

Lintas Alam ini menempuh jarak ±20 km  dengan jumlah 5 pos yang telah ditentukan oleh panitia dengan rute Gor 27 September Unmul, JL. Perjuangan, Gg.Amim, Perum Sempaja Lestari, Simpang Wahid Hasim II, Jl.Batu Cermin – Finish Buper L2 Teluk Dalam Kecamatan Seberang, Kabupaten Kutai Kutai Kartanegara.

Diduga salah jalur, sejumlah regu tersesat di hutan. Beberapa regu berhasil selamat kembali ke pos tanpa bekal ponsel, namun tiga regu yang berjumlah total 15 peserta lainnya hilang dan belum ditemukan hingga tadi malam.

Berikut kronologis hilangnya 15 siswa pramuka itu :

1. Pukul 07.30 setelah melaksanakan apel pagi peserta start perjalanan Lintas Alam dengan jumlah peserta 59 orang.

2. Pukul 11.30 wita, pos banyangan atas nama Asriani menemukan 3 Sangga berjumlah 15 orang yang tersesat masih dapat melanjutkan perjalanan sesuai rute yang ditentukan panitia.

3. Pukul 16.00 wita ditemukan sebanyak 7 sangga yang tersesat ditambang langsung dievakuasi ke Pos II Batu Cermin dan tidak boleh melanjutkan perjalanan.

4. Pukul 16.30 peserta sudah tidak ada yang melintas lagi ke Pos II sehingga Pos II menginformasikan ke pos sebelumnya dan Pos III, namun belum didapat info lanjutan.

5. Pos bayangan sejumlah 4 orang panitia melakukan pencarian ke Batu Cermin Dalam hingga Simpang menuju Ambalat.

6. Pukul 18.00 wita diketemukan 1 Sangga Putri dengan nomer peserta 46 tersesat ditambang batubara seputaran berambai dan diantar orang tambang menggunakan 5 sepeda motor ke Pos II Batu Cermin dengan kondisi selamat.

7. Pukul 19.30 wita akhirnya seluruh pos menyatakan bahwa sebanyak 3 Sangga 15 peserta tersesat belum diketemukan

8. Pukul 23.30 wita Pusdalops mendatangi TKP, Melakukan koordinasi penanganan dan pendataan.

9. Pukul 03.15 wita 5 peserta dalam keadaan sakit telah dievakuasi ke Buper L2 Teluk Dalam.

Nama – nama 15 peserta yang belum ditemukan

Tunas Kelapa ( Putri )
1. Nur Rabiatul A.
2. Nur Arofah
3. Sunarti
4. Berliana Sella
5. Anggun Aulia

Dari Kab. Panajam Paser Utara ( Putri )
1. Rica Andriani
2. Diva Aprilia
3. Rafiatul Rodiyah
4. Mandatus Sadah
5. Umi Hanafiyah

Dari Kab. Panajam Paser Utara ( Putra )
1. Fahrizal Rasel
2. Fahmi Farhan
3. M.Muhdiannur
4. Nur Rahman Amin
5. Retah Aditya

(ysp)