Beranda Bogor Raya Hindari Pemotongan PKH, Pencairan Dilakukan Secara Nontunai

Hindari Pemotongan PKH, Pencairan Dilakukan Secara Nontunai

BANTUAN: Warga Kecamatan Citeureup akhirnya bisa mencairkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) kemarin.Azis/Radar Bogor/c

CITEIREUP–Pemerintah pusat terus berupaya mencegah penyelewengan dana Program Keluarga Harapan (PKH). Salah satunya dengan sistem pencai­ran PKH secara nontunai. Pen­ca­iran dana PKH mulai dila­kukan di Kecamatan Citeureup, kemarin.

Dana bantuan itu diberikan lewat pemerintah kecamatan kepada 2.230 penerima manfaat. Koordinator PKH Kecamatan Citeureup, Topik menera­ngkan, dalam penyalurannya akan dibatasi.

“Pencairan PKH ini dibagi dalam empat hari. Seharinya kami batasi sampai 500 orang agar tidak terjadi antrean dan desak-desakan,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (15/6).

universitas nusa bangsa unb

Ke depannya, kata dia, akan diterapkan pencairan dengan sistem nontunai. Topik menje­laskan, realisasi sistem membu­tuhkan keterlibatan perbankan. Sehingga, pencairan bulan depan, para penerima bisa mencairkan langsung melalui Bank BNI. “Bisa juga lewat Agen BNI, karena selain pencairan hari ini peserta diberikan buku tabungan dan ATM dari BNI,” terangnya.

Upaya itu dapat dilakukan karena Kemensos dan Bank Indonesia (BI) telah lebih dulu menan­datangani nota kesepa­haman (MoU) tentang elektro­nifikasi penyaluran bantuan sosial. Lebih lanjut ia menjelas­kan, dengan sistem pencairan itu juga dapat menyinkronkan data penerima PKH.

Sebab, tidak semua kecamatan dan kabupaten punya infra­struktur pendukung. Makanya, Kemensos melibatkan bank-bank BUMN yang punya infra­struktur pendukung. Ia berharap sistem pengucuran dana PKH secara nontunai itu bisa membuat penerima bantuan lebih berhemat.

Dia yakin sistem nontunai akan lebih menjamin PKH tepat sasaran. Kemungkinan adanya potongan bantuan bisa dihindari. “Kemungkinan ada upaya pemotongan semakin sulit karena notifikasi ada pada chip masing-masing penerima PKH,” terangnya.(azi/c)

BANTUAN: Warga Kecamatan Citeureup akhirnya bisa mencairkan dana Program Keluarga Harapan (PKH) kemarin.Azis/Radar Bogor/c