Beranda Berita Utama Lusa SBM PTN Diumumkan

Lusa SBM PTN Diumumkan

Ilustrasi peserta sbmptn (net)

JAKARTA-Hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 2017 bakal diumumkan pada Selasa (13/6) pukul 14.00 WIB. Keesokan harinya (14/6), baru diumumkan di beberapa media massa. Tahun ini jumlah pelamar SBM PTN tercatat 797.738 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 158.157 orang di antaranya mengajukan beasiswa Bidik Misi. Kuota awal yang disiapkan panitia SBM PTN adalah 128.085 kursi tersebar di 85 PTN.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, karena jumlah pelamar jauh lebih besar ketimbang kuota, pasti ada yang tidak diterima. ’’Bagi yang tidak diterima jangan kecil hati,’’ katanya usai buka bersama di kompleks kediaman menteri Widya Candra, Jakarta, tadi malam (10/6).
Nasir mengatakan, jumlah kampus yang tergabung dalam SBM PTN hanya 85 unit. Sedangkan jumlah kampus di seluruh Indonesia 4.400 lebih. Sehingga masih banyak kampus yang bisa dipilih untuk kuliah.

universitas pakuan unpak

Dia mengatakan, seluruh kampus itu sudah valid atau resmi terdaftar di sistem Kemenristekdikti. Meski sudah terdaftar resmi, status akreditasinya bermacam-macam. Ada yang A, B, bahkan masih ada yang C.(wan/oki)