Beranda Berita Utama Selamat Jalan Jupe..

Selamat Jalan Jupe..

Akun adik Julia Perez yang mengabarkan sang kakak meninggal dunia (Instagram: aggitheperez)

JAKARTA–Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Setelah Yana Zein berpulang Kamis (1/6) minggu lalu, kemarin siang (10/6), pedangdut Yuli Rahmawati atau yang lebih dikenal dengan Julia Perez menyusul rekannya. Perempuan 36 tahun itu mengakhiri perjuangan untuk sembuh dari penyakit kanker serviks yang diidapnya.

Jupe sendiri sudah dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sejak Februari tahun ini. Selama perawatan, sudah banyak tindakan yang dilakukan Julia Perez. Semua perawatan dilakukan di ruang rawat inap VIP, yang berada di Gedung A RSCM. Dia tidak pernah masuk ke ruang ICU.

Tindakan terakhir yang dilakukan untuk penyembuhan kanker serviks pada putri sulung almarhum Angkasa Jaya dan Sri Wulansih itu adalah operasi usus. Tindakan dilakukan pada Kamis (8/6). Satu hari sebelum operasi itu dilakukan, Rabu (7/6), beredar pengumuman yang dibuat Ruben Onsu melalui Instagramnya yang menyatakan Jupe butuh darah A+.

Tindakan terakhir yang dilakukan untuk Jupe sendiri adalah operasi besar pada bagian ususnya. “Operasi adanya pelengketan di pencernaan karena radiasi,” ujar adik Julia Perez, Nia Anggia saat dihubungi Kamis (8/6).

Di hari yang sama, Anggi juga mengunggah video melalui akun Instagram pribadinya @anggitheperez. Video tersebut tentang kamar rawat Jupe yang ditinggalinya selama ini, 115. Dalam video yang sama, Anggi memperlihatkan barang-barang Jupe telah dikemas dan dikosongkan. Sebab, mereka harus pindah ke ICU. “Semoga kepindahannya ke ICU tidak terlalu lama,” tulis Anggi.

Pascaoperasi, Jupe pertama kalinya masuk ruang ICU RSCM. Saat ditemui malam harinya, ibu Julia Perez, Sri Wulansih mengungkapkan bahwa operasi yang dijalani anaknya berhasil. “Dia enggak bab selama satu minggu, perutnya membesar, jadi dibikin saluran pembuangan sendiri,” jelas Sri tentang operasi putri sulungnya tersebut (8/6).

Masuknya Jupe ke ruang ICU, hal itu permintaan dari dokter. Alasannya sendiri menurut Sri karena operasi yang dilakukan Jupe adalah operasi besar. “Dari kemarin Jupe ingin pulang,” kata Sri saat itu.

Hanya sebentar Jupe berada di ruang ICU setelah operasi. Setelah menginap satu malam, di ruang ICU Jupe kembali lagi ke ruang perawatannya selama ini. Di situlah penyanyi Belah Duren itu mengembuskan napas terakhir.

Salah satu manajernya, Mario mengatakan, dirinya dikabari Jupe tidak bisa bangun saat akan membeli kado untuk anak Ruben Onsu, Thalia Putri Onsu yang kemarin berulang tahun. “Saya sudah di jalan tiba-tiba mamanya (Jupe) telepon, Jupe enggak bisa bangun, ya sudah saya langsung ke rumah sakit, kebetulan dokter lagi kasih alat pemacu,” kata Mario.

Pria yang akrab disapa Markoneng itu mengaku shock dan tak percaya. “Saya shock banget. Soalnya saya baru denger kabar semalem dia meninggal (kabar burung, red), makanya saya kaget banget sekarang,” kata Markoneng dengan mata sembapnya.

Sebelum meninggal dunia, Jumat (9/6), Jupe sempat menitipkan pesan khusus kepada Markoneng. Artis cantik itu mengatakan agar Markoneng menjaga kesehatannya dan bekerja dengan baik. ”Jaga kesehatan. Lo ngurus artis itu harus kuat,’’ kata Jupe seperti ditirukan Markoneng.

Tak hanya itu, Jupe juga meminta agar Markoneng mendoakan dirinya yang akan melakukan operasi esok harinya. “Besok gue operasi tolong doain ya,” imbuh Jupe memelas seperti ditirukan Markoneng.

”Tidur selamanya” dalam keadaan tidur, pihak keluarga dan sahabat terdekat membantah bahwa kepergian Jupe karena operasi. Ayah tiri Jupe, Sammy mengungkapkan setelah operasi besar biasanya pasien akan berada di ICU selama tiga sampai empat hari.

Namun hal tersebut tidak terjadi pada putrinya. Sebab, mantan istri Gaston Castano itu langsung kembali ke ruang rawat setelah satu malam menginap di ICU. Setelah kembali ke kamarnya, Jupe pun masih dapat berbincang dengan orang-orang yang menemaninya. “Dia sadar, inget sama orang dan ngobrol. Walaupun saat ngobrol dia masih sedikit fly efek obat bius,” ujar Sammy usai pemakaman anaknya.

Kepulangannya ke Sang Pencipta menjadi duka mendalam bagi siapa saja yang pernah merasakan kebaikan Jupe. “Yang pasti doa kami Jupe berada di surganya Allah,” ujar ayah tiri Jupe, Sammy yang selalu menunggui Jupe selama sakit.

Sementara itu, sejumlah sahabat berdatangan ke rumah duka mendiang Julia Perez, di Raffles Hills Cibubur, Jakarta Timur. Salah satunya Indra Bekti. Pembawa acara itu mengatakan dirinya telah melihat kondisi jenazah Julia Perez. Menurutnya, Jupe meninggal dalam kondisi baik. “Wajahnya cantik seperti orang tidur,” kata Indra usai melihat jenazah Jupe.

Bekti, sapaannya, mengaku kaget saat pertama kali mendengar kabar meninggalnya Julia Perez. Apalagi dia begitu dekat dengannya. “Almarhumah baik banget. Doa terbaik buat Jupe, Allah lebih sayang ke Jupe. Dia orang baik, peduli sama orang lain,’’ imbuhnya.

Mantan suami Jupe, Gaston Castano juga sudah mendapat kabar meninggal dunianya sang mantan istri. Dia mengaku sangat sedih atas berpulangnya Jupe. “Aku nggak bisa ngomong apa-apa. Dia lagi kesakitan, dan Tuhan punya rencana beda buat dia,” kata Gaston.

Kesedihan Gaston Castano pun bertambah dalam karena dia tidak bisa mengantarkan Jupe ke pemakaman terakhir. Alasannya yakni dia tengah berada di Thailand untuk memperkuat tim sepak bola yang mengontraknya. “Saya masih di Thailand,” akunya.

Dalam kesempatan yang sama, pesepak bola itu juga mengenang pribadi Julia Perez. Menurutnya, Jupe punya sifat yang baik dan ramah. “Dia suka senyum, itu yang paling aku suka dari dia. Dia juga selalu support aku, selalu bantu aku semua,” jelasnya.

DIANTAR RIBUAN ORANG

Sementara itu, jenazah Jupe dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Seribu orang lebih berada di area pemakaman. Bahkan keluarga hingga sahabat mengalami kesusahan menuju makam karena banyaknya warga.

Sejumlah sahabat dari kalangan selebriti ikut mengantarkan mendiang. Mulai dari iring-iringan kawasan Raffles Hills, Cibubur hingga ke lokasi pemakaman. Ruben Onsu yang sangat sibuk mengurus pemakaman tersebut, tidak kuasa menahan tangis saat jenazah Jupe dimakamkan. Kesedihan mendalam terlihat jelas di wajahnya yang berurai air mata.

Selain Ruben Onsu, artis yang ikut hadir mengantar Jupe ke pemakaman terakhir adalah Eko Patrio, Betrand, Zaskia Gotik, Ayu Ting Ting, Cita Citata, Billy Syahputra, dan lainnya. Duka mendalam dirasakan oleh para sahabat atas kepergian Jupe.

Kehadiran selebriti itu menjadi perhatian tersendiri bagi warga. Masyarakat bahkan memadati area TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur untuk bisa melihat pemakaman Jupe serta bertemu para artis.

Sebelum dimakamkan, jenazah Julia Perez disalatkan di Masjid Al Ikhlas. Salat jenazah dipimpin Ustaz Zacky Mirza sebagai imam. “Tidak ada yang bisa kita berikan selain doa, doa, dan doa. Semoga amal beliau diterima di sisi Allah SWT,” kata Ustaz Zacky Mirza.

Kini dunia hiburan Indonesia harus kehilangan Jupe yang telah berjuang hingga akhir hayatnya melawan kanker serviks. Selamat jalan Jupe…(glo/wnd/ded)