Beranda Bogor Raya Barat Utara Sampah Liar Bikin Warga Dramaga Resah

Sampah Liar Bikin Warga Dramaga Resah

BIKIN KOTOR: Sampah di Jalan Ciseeng dikeluhkan masyarakat.

DRAMAGA–Tumpukan sampah yang berserakan di pinggir Jalan Raya Dramaga-Petir menimbulkan pemandangan tak mengenakan. Selain itu, aroma kurang sedap pun kerap kali tercium.

Padahal, di situ bukan tempat pembuangan sampah resmi, melainkan tebingan yang dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab untuk membuang sampah rumah tangga.  Ketua RT 05/03 Kampung Paringgi, Desa Neglasari, Kecamatan Dramaga, Mujri mengungkapkan, lokasi tersebut telah lama digunakan warga untuk membuang sampah. Padahal, telah beberapa kali diberikan imbauan keras.

”Meskipun rumah saya dekat dengan tempat pembuangan, tapi warga saya tidak ada yang buang sampah di sana,” ujarnya kepada Radar Bogor.

universitas pakuan unpak

Menurutnya, solusi terbaik yakni menempatkan petugas keamanan di tempat tersebut. Baik satpam maupun Satpol PP Kecamatan Dramaga. Jika terbukti, bisa langsung menindak dengan cara menangkap dan memberikan efek jera. ”Kalau begitu kan yang mau buang sampah di situ juga akan mikir-mikir lagi, karena takut kena sanksi maupun denda,”  terangnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Sinarsari Ukon membenarkan kalau lokasi tersebut telah lama menjadi tempat pembuangan sampah. Namun, hingga saat ini sampah masih sering kali menumpuk.

”Saya juga masih mencari solusinya, supaya tidak ada lagi yang buang sampah tersebut di sana,” tuturnya.  Setelah Idul Fitri, tambahnya, ia akan mencari pemilik lahan tersebut untuk berdiskusi mencari solusi apa pun yang akan dihasilkan, agar mendapatkan izin juga dari pemiliknya.(rp2/b)