25 radar bogor

Mulai Akhir Tahun Ini, Sejumlah Jalan di Jakarta Bakal Berbayar

Sejumlah terobosan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta. Setelah melakukan perluasan ganjil genap, kali ini program Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar akan segera diterapkan. (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Pemerintah Provinsi DKI Jakarta teru melakukan terobosan guna mengurangi tingkat kemacetan di Jakarta. Setelah melakukan perluasan ganjil genap, kali ini program Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar akan segera diterapkan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, ERP ditargetkan bisa dijalankan di Jakarta tahun ini. “Tahun ini kita akan implementasikan electronic road pricing,” kata Syafrin di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (21/2).

Syafrin menjelaskan, pembahasan program ini sudah cukup matang. Saat ini sudah masuk dalam tahap finalisasi review dokumen. Setelah selesai, akan dilanjutkan kepada lelang proyek.

“Lelang kami targetkan akhir Maret,” imbuhnya.

Setelah itu, pemenang lelang akan membuat fasilitas yang diperlukan. Dan ditargetkan akhir tahun ini bisa mulai dioperasikan kepada masyarakat.

“Targetnya Juni sudah ada pemenangnya. Setelah Juni mereka bekerja. Setelah bekerja akhir tahun kami implementasikan,” jelas Syafrin.

Pada tahap pertama ini, Pemprov DKI merencanakan ada 3 ruas jalan raya yang kenakan ERP. Yakni Jalan Sisingamangaraja, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan MH Thamrin. (JPG)