25 radar bogor

Kisah Ashraf Sinclair, Tinggalkan Perusahaan Bergengsi Demi Keluarga

MENINGGAL MENDADAK: Bunga Citra Lestari bersimpuh di pusara suaminya, Ashraf Sinclair, yang dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, kemarin (18/2).
MENINGGAL MENDADAK: Bunga Citra Lestari bersimpuh di pusara suaminya, Ashraf Sinclair, yang dimakamkan di San Diego Hills, Karawang.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Banyak inspirasi yang bisa diambil dari sosok almarhum Ashraf Sinclair. Salah satunya adalah bagaimana dia selalu mengutamakan keluarga dibanding pekerjaan.

Ashraf selama ini memang tak hanya dikenal sebagai seorang aktor tapi juga pengusaha dan investor. Dia tercatat sebagai Ventura partner di 500 startups sejak 2017. Tapi, Ashraf ternyata memilih meninggalkan posisi prestis itu demi punya waktu lebih bersama keluarganya.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu sahabat Ashraf dan Bunga Citra Lestari (BCL), Daniel Mananta . Lewat video di IGTV, Daniel bercerita tentang betapa dia sangat mengagumi posisi Ashraf sebagai seorang investor startup.

Suatu hari, Daniel pernah berbincang dengan Ashraf tentang pekerjaan itu. Tapi, Ashraf mengaku sudah tak lagi menduduki posisi tersebut.

“Gue inget banget di sebuah acara, gue ngobrol sama Ashraf. Gimana bro, how’s life sebagai entrepreneur di 500 startups? Dia bilang, ‘Well gue udah nggak di situ lagi’. Gue cukup kaget, wow kok bisa?” kata Daniel seperti dikutip, kemarin (20/2).

Saat itu, Ashraf mengaku pekerjaan sebagai investor startup penuh dengan tekanan. Waktunya pun habis di pekerjaan. Daniel lalu mengulang kembali jawaban Ashraf saat itu.

“Yang bikin dia cabut sebenarnya karena dia bilang dia ingin memprioritaskan waktu dia untuk ke sesuatu yang lebih penting. Itu bagian dari identitas gue. Gue pengen move on dan gue sekarang ini pengin fokus di identitas gue sebagai seorang ayah dan identitas gue sebagai seorang suami,” ungkap Daniel menirukan perkataan Ashraf.

Daniel pun terdiam mendengarkan jawaban sahabatnya. Kala itu, Ashraf berpesan agar jangan sampai pekerjaan justru menjadi identitas seseorang. Jangan sampai identitas pekerjaan justru mengalahkan identitas seseorang sebagai ayah ataupun suami.

“Itu yang Ashraf ngomong dan gue ingat sekarang. Itu butuh keberanian untuk let go sesuatu. Kenyamanan dia di sebuah perusahaan yang sangat besar dan sangat di-respect,” kata presenter tersebut.

Momen Romantis BCL dan Ashraf

’’Bagaimana bila akhirnya kucinta kau. Dari kekuranganmu hingga lebihmu…’’ Mendengarkan lagu Tentang Kamu milik BCL itu tak akan pernah terasa sama lagi. BCL pernah mengungkapkan bahwa lagu tersebut mencerminkan perasaannya saat kali pertama mengenal sang suami, Ashraf.

’’Aku juga punya sebuah lagu yang memang menceritakan perasaanku saat kali pertama bertemu dengan Ashraf pada 2007,’’ ujarnya dari atas panggung konser Hidupnya Cintanya yang dihelat di Jakarta pada Hari Valentine 2018.

BCL mengucapkannya setelah mendapat kejutan manis dari sang suami. Malam itu Ashraf mendatangkan penyanyi Tulus untuk membawakan lagu Monokrom, salah satu lagu favorit BCL.

’’Cinta kita dari titik awal kita berkenal, kita menikah menjalani hidup berdua, dan punya Noah sampai detik ini. Menjadi dua orang insan yang mau menjadi diri sendiri dan terbaik untuk orang lain,’’ ungkap Ashraf dalam sebuah rekaman video yang ditayangkan sebelum Tulus memulai penampilannya.

Setelah berkenalan pada 2007, keduanya mengikat janji suci pada 8 November 2008 di Masjid Al Bina, Senayan, Jakarta Pusat. Mereka membagikan momen bahagia tersebut dengan sahabat dan keluarganya dalam acara resepsi di Golden Ballroom Hotel Sultan Carlton, Jakarta Pusat; The Saujana Kuala Lumpur Hotel, Subang; serta Klub Golf Petaling Jaya.

Kebahagiaan makin lengkap karena pasangan itu dikaruniai seorang putra pada 22 September 2010, Noah Sinclair. ’’It’s very beautiful and makes me happy, very happy,’’ kata Ashraf kepada Jawa Pos pada 2014.

Sebelas tahun menjalani pernikahan, keluarga kecil itu tak pernah goyah karena gosip miring. Kemesraan keduanya justru sangat mendominasi. Jangankan gosip miring. Berantem saja tak pernah lama. Itu pun karena hal sepele. ’’Biasanya, kalau lagi kangen, ada emotion dan ekspektasi. Itu yang bikin berantem,’’ jelas BCL.

Keluarga kecil tersebut selalu pergi ke mana-mana bertiga. Termasuk saat liburan keliling dunia. ’’Siapa yang menyangka aku akan naik balon udara. Well, kalau bukan karena dia, siapa lagi. Meski termasuk momen ketakutan, itu semua worth it. Terima kasih telah membawaku kemari,’’ tulis BCL dalam sebuah posting-an di Instagram.

Dalam foto tersebut, dia mencium romantis pipi Ashraf saat di atas balon udara. Waktu itu mereka berlibur di Melbourne pada awal tahun ini. Keduanya seperti tak pernah kehabisan momen untuk saling menunjukkan kasih sayang.

Bahkan, saat menjadi juri Indonesian Idol 2020 pada Senin malam (17/2), BCL dikerjain Hedi Yunus, vokalis Kahitna, untuk menyanyikan lagu Soulmate.

’’Di balik senyuman indah, kau jadikan seakan nyata. Seolah kau belahan jiwa. Meskipun tak mungkin lagi tuk menjadi pasanganku. Namun, kuyakini cinta. Kau kekasih hati.’’ Begitulah lirik lagu tersebut.

Siapa sangka, suami yang mendampingi selama lebih dari satu dekade itu mengembuskan napas terakhirnya Selasa dini hari (18/2). Hanya berjarak beberapa jam setelah BCL menyanyikan Soulmate dengan penuh perasaan. Atau, dua tahun setelah kejutan manis dari Ashraf di panggung Hidupnya Cintanya.

’’Terima kasih telah melakukan perjalanan ini bersamaku dan ada banyak langkah lagi di sepanjang jalan, berdampingan, bergandengan tangan, dengan hati. Aku mencintaimu popet…’’ tulis Ashraf dalam sebuah posting-an Instagram saat keduanya merayakan anniversary ke-11 pada 8 November tahun lalu. Selamat jalan, Ashraf. (sam/adn/nor/mam/c14/nda)