25 radar bogor

Bayar SPP Sekolah Bisa Pakai GoPay, Disdik Kota Bogor Bilang Begini

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dikabarkan sudah menginstruksikan sekolah mulai memberlakukan sistem pembayaran digital melalui platform GoPay untuk pembayaran uang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP).

Namun begitu, pembayaran SPP melalui GoPay sebenarnya merupakan kebijakan sekolah masing-masing dan hanya bisa untuk SD dan SMP Swasta, termasuk di Kota Bogor. “Saya sendiri belum tahu apakah sudah ada sekolah swasta yang sudah memanfaatkan GoPay,” ujarnya Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Fakhrudin.

Dinas Pendidikan Kota Bogor, terangnya, hanya menyerahkan kebijakan diberlakukannya pembayaran SPP melalui GoPay kepada sekolah swasta. “Tapi intinya berikan pelayanan yang memberikan kemudahan kepada orang tua, siswa, dan masyarakat,” teranngnya.

Diberitakan sebelumnya, Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse menjelaskan hadirnya layanan GoPay untuk keperluan pendidikan akan memudahkan orang tua yang tidak perlu lagi pergi sekolah untuk melakukan pembayaran.

“Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak di mana saja dan kapan saja tanpa harus hadir ke sekolah. Orang tua yang sibuk dapat fokus dengan kepentingan lain seperti pekerjaan tanpa khawatir akan melewatkan tenggat pembayaran,” kata Arno dalam pernyataan resminya, Senin (17/2/2020).

Sebelumnya, guyonan bayar SPP pakai Gopay hanyalah candaan ketika mantan CEO Gojek Nadiem Makarim ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Saat itu seketika celotehan hingga meme bertebaran soal bisa membayar uang sekolah dengan GoPay.

Arno menambahkan, GoPay tidak hanya melayani pembayaran uang SPP saja, tetapi juga bisa digunakan untuk membayar keperluan pendidikan lainnya, seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler. “Saat ini sudah ada sekitar 185 lembaga pendidikan yang terdiri dari pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus di Indonesia,” beber dia.(pkl-nadilla/mam)