25 radar bogor

Bima Resmikan Lawang Rangga Gading, Tambah Sentra Kuliner Baru

Lawang Rangga Gading
Wali Kota Bogor, Bima Arya usai saat meresmikan sentra kuliner di Lawang Rangga Gading. Kamis (9/3/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, Image Kota Bogor sebagai Kota Kuliner semakin diperkuat. Wali Kota Bogor, Bima Arya kembali menambah sentra kuliner baru di kawasan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah yakni Lawang Rangga Gading. Sentra kuliner ini diresmikan pada Kamis (9/3/2023).

Bima mengatakan, revitalisasi Jalan Rangga Gading menjadi sentra kuliner, bertujuan mentransformasi pusat kuliner legendaris yang sudah ada di kawasan tersebut sehingga lebih layak, rapi, dan bersih.

“Sejak lama kawasan ini jadi pusat kuliner legend. Kami berharap penataan semakin menguatkan daya tarik bukan hanya warga sekitar namun lebih luas,” ucapnya.

Sebanyak 25 pedagang berjualan di Lawang Rangga Gading. Kuliner yang tersedia antara lain bakso bening, siomay, batagor, combro, es doger, es pala, dan aneka kudapan lainnya.

Bima menyebut, kuliner memiliki peran penting utnuk mendongkrak perekonomian Kota Bogor. Saat ini tingkat perekonomian Kota Bogor sebesar 5,65. Angka tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan perekonomian Provinsi Jawa Barat dan nasional yang hanya 5,45 dan 5,31.

Dirinya berpesan agar seluruh pihak dapat menjaga kenyamanan yang ada di Lawang Rangga Gading. “Saya titip kawasan ini dijaga agar tidak nerantakan lagi lagi. Mari kita jaga parkirnya supaya tetap rapi, tidak ada vandalisme, tidak buang sampah sembarangan,” tekan dia.

Selain dapat meraih keuntungan dari barang dagangannya, para pedagang juga berpeluang menambah pundi-pundi rupiahnya dengan membuka jasa isi token listrik hasil kerja sama Pemkot dengan pihak swasta.

Sementara itu, Direktur Bisnis Grab Indonesia, Iki Sari Dewi mengungkapkan, pihaknya sengaja merevitalisasi sentra kuliner lokal di Kota Bogor agar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa lebih menarik. Serta bisa menarik wisatawan.

Hal ini merupakan komitmen Grab Indonesia untuk terus mendukung dunia UMKM. Mengingat di Kota Bogor juga banyak pedagang UMKM, seperti di kawasan Suryakencana.

“Jadi Grab itu memang mempunyai komitmen untuk membantu UMKM, dan ini salah satu caranya dari banyak cara yang kami lakukan,” tuturnya. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep