25 radar bogor

Desa Ciasihan Manfaatkan Samisade Untuk Peningkatan Akses Wisata

INFRASTRUKTUR : Pembangunan jalan terus digeber di Desa Ciasihan.

RADAR BOGOR – Akses wisata di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan sempit dan rusak. Namun, dengan adanya program bantuan keuangan Satu Miliar Satu Desa (Samisade), Pemerintahan Desa Ciasihan memanfaatkannya untuk peningkatan jalan wisata.

Kepala Desa Ciasihan, Lilih N mengatakan, ada tiga jalan yang sedang dibangun menggunakan Samisade.

“Ketiga jalan desa itu memang dipergunakan sebagai akses pariwisata. Yang sebelumnya sempit dan rusak, akhirnya samisade kita alihkan untuk jalan wisata,” ungkapnya saat meninjau proyek samisade di Kampung Gunung Menir RW 08, Selasa (3/8/2021).

Untuk di Jalan Gunung Menir, kata dia, saat ini dilakukan betonisasi sepanjang 1.071 meter dengan lebar 2,5 meter. “Jalan ini merupakan akses menuju ke kawasan wisata Gunung Salak Endah (GSE),” ucapnya.

Selain itu, sambung dia, Jalan Kampung Cikaramat RW 04 juga dibeton sepanjang 692 meter dengan lebar 3 meter.

Sedangkan, untuk jalan di Kampung Pondok dibangun sepanjang 725 meter dengan lebar 2,5 meter.

Dengan anggaran senilai Rp1 Miliar, Lilih menerangkan, pembangunan baru dilaksanakan untuk tahap satu.

Selain dapat memperlancar aktivitas pariwisata, warga yang hidup sebagai petani juga dapat terbantu dengan adanya pembangunan jalan tersebut.

“Ini baru 40 persen untuk tahap awal, untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat, untuk bersabar karena pembangunan ini butuh proses,” jelasnya.

Untuk pola pelaksanaan pembangunan, sambung Lilih, dilakukan secara swadaya masyarakat yang melibatkan 30 orang perhari. Digilir setiap harinya, warga yang terlibat merupakan yang terdampak Covid-19.

Mewakili warganya, Lilih bersyukur atas adanya program samisade sebagai program unggulan Bupati Bogor. Dirinya berharap, program tersebut dapat terus berlanjut guna mendorong laju perekonomian warga. (cok/c)