25 radar bogor

Bupati Bogor Ade Yasin Resmi Jabat Wakil Ketua Umum APKASI

Bupati Bogor Ade Yasin Resmi Jabat Wakil Ketua Umum APKASI
Bupati Bogor Ade Yasin Resmi Jabat Wakil Ketua Umum APKASI

BALI-RADAR BOGOR, Hari ini (19/06/2021) bertempat di Kawasan Nusa Dua Bali digelar pengukuhan Dewan Pengurus Asosisi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Masa Bhakti 2021-2026 serta Rapat Kerja Nasional XIII APKASI. Pengukuhan diberi pengarahan oleh Menteri Dalam Negeri Mohammad Tito Karnavian. Dalam kesempatan ini Bupati Bogor Ade Yasin resmi dikukuhkan sebagai Wakil Ketua Umum APKASI.

“Ya hari ini saya sebagai Wakil Ketua Umum beserta pengurus APKASI yang lain resmi dikukuhkan oleh Pak Mendagri. Saya berharap kedepan APKASI akan semakin berperan untuk menjadi jembatan akselerasi dan penyampaian aspirasi untuk mempercepat sinergi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat,” kata Ade Yasin Bupati Bogor.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian juga memberikan apresisasi terkait tema yang diangkat oleh APKASI, yakni “Tantangan dan Harapan : Membangun Ekonomi Daerah di Masa Pandemi Covid-19”, karena menurutnya tema itu sangat selaras dengan kondisi hari ini yang diperlukan oleh daerah.

“Membangun ekonomi daerah di masa pandemi Covid-19 ini harus dilakukan dengan cermat. Pembangunan ekonomi daerah dapat terwujud ketika mampu mengendalikan pandemi Covid-19 yang merupakan pandemi global. Kemendagri sebagai pelayan Pemerintah Daerah akan terus memonitor dan memberikan evaluasi terhadap daerah-daerah,” tutur Mendagri Tito Karnavian.

Menanggapi arahan Mendagri, Wakil Ketua Umum APKASI Ade Yasin sepakat kedepan akan menjalankan strategi penanganan covid19 di Kabupaten Bogor dengan 4 indikator utama, diantaranya mengurangi angka kasus positif, menekan angka kematian, meningkatkan angka kesembuhan dan menjaga ketersediaan tempat tidur untuk isolasi.

“Tadi kami menyimak betul apa yang disampaikan oleh Pak Mendagri, strategi indikator-indikator pengendalian Covid akan kami perkuat kembali di Kabupaten Bogor. Terkait arahan untuk kesiagaan melakukan Testing, Tracking, dan Treatment telah kami instruksikan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor dan 101 Puskesmas di Kabupaten Bogor,” tegas Wakil Ketua Umum APKASI Ade Yasin.

Waketum 1 APKASI juga menambahkan bahwa sangatlah betul kunci sukses penanganan covid19 dalam Pemerintah Daerah yaitu siinergi dan kolaborasi Kepala Daerah, DPRD, Jajaran Forkopimda, Aparat, Camat, Organisasi serta Tokoh Masyarakat.

“Suksesnya pengendalian Covid di daerah dapat terwujud ketika sinergi Eksekutif, Legislatif serta seluruh elemen masyarakat berjalan dengan baik. Covid terkendali, ekonomi daerah pun akan terbangun,” tutup Ade Yasin.

Editor: Rany P Sinaga