25 radar bogor

Seleksi Caleg PSI Bisa Jadi Inspirasi

INSPIRATIF: Seleksi caleg di base camp PSI, Jakarta, mengundang tokoh independen sebagai penguji, satu di antaranya Mahfud MD.

 JAKARTA–Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menunjukkan keseriusannya dalam upaya perbaikan citra parlemen. Dimulai dari internal, mereka melakukan seleksi calon anggota legislatif secara terbuka.

Sejumlah tokoh independen pun dihadirkan untuk menguji kualitas caleg-caleg PSI.Kemarin (06/11) seleksi caleg dilakukan di base camp PSI, Jakarta.

Tokoh independen yan dijadikan penguji, antara lain: mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, MK Mahfud MD, Direktur Pusat Kajian Antikorupsi (pukat), Zainal Arifin Mochtar, mantan Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, Guru Besar Psikologi UI, Hamdi Muluk dan pakar politik, Djayadi Hanan.

Mahfud mengatakan, memang sistem perekrutan di partai politik saat ini belum steril dari praktik kotor. Bahkan sudah menjadi rahasia umum bahwa proses merekrut calon legislatif (caleg) di internal partai banyak diwarnai isu nepotisme dan kolutif. “Nepotisme ya otang yang dekat dengan pimpinan partai.

Kolutif seleksi melalui jalur gelap,” ujarnya.

Menurut Mahfud, patrai-partai lama bisa mencontoh apa yang dilakukan PSI menghadapi Pemilu 2019. Pola mengusung caleg dilakukan secara terbuka dan melibatkan masyarakat. Dia menyatakan, eksperimen tersebut patut dilakukan ditengah kebuntuan pemilu yang tidak menghasilkan anggota legislatif yang kompeten. “Ini bisa jadi cara baru. Semua diukur secara objektif dan publik bisa mengawasi prosesnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum Grace Natalie mengatakan, caleg hasil seleksi yang dilakukan pansel indepanden akan di publish melalui media sosial. Nanti publik bisa memberikan catatan terhadap nama-nama tersebut.

Hingga kemarin, setidaknya 50 orang yang mendaftar melalui PSI. Diantaranya, musisi Giring Ganesha, mantan atlet bulu tangkis Hariyanto Arbi, dan sejumlah praktisi muda dari berbagai latar belakang.

Jika merujuk peraturan KPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan Pemilu, pendaftaran calon legislatif akan dilakukan 9 juli 2018. Dengan demikian, masih ada waktu sekitar delapan bulan lagi partai menyiapkan calon.(far/c4/fat)