25 radar bogor

Gawat! Selama Pandemi, Stok Darah di PMI Berkurang Hingga 70 Persen

Ilustrasi Kantong Darah
Ilustrasi Kantong Darah

BOGOR – RADAR BOGOR, Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor selama Pandemi Covid-19 mengalami penurunan hingga 70 persen.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, PMI dan Perhimpunan Donor Dara Indonesia (PDDI) Kota Bogor berencana mengadakan kegiatan Gerakan Sadar Darah di enam kecamatan Kota Bogor.

Ketua PDDI Kota Bogor, Dicky Ramdhani mengatakan, kegiatan di tingkat kecamatan sudah berjalan melalui Kelompok Donor Darah, namun sifatnya masih sukarela alias insidental.

Pasalnya, dari jumlah 495 Kelompok Donor Darah di seluruh kecamatan, penyelenggaraan donor darah bisa digelar dengan waktu berbeda-beda. Sebut saja ada yang hanya setiap tahun, atau enam bulan sekali.

Hal ini membuat jumlah stok darah Kota Bogor belum maksimal ditambah jumlah pendonor di Kota Bogor masih di angka seribu orang, yang sifatnya fluktuatif.

“Fluktuatif karena ada juga yang lagi sakit, harus minum obat dalam jangka waktu tertentu, ataupun habis dari perjalanan ke luar negeri sehingga jumlah pendonor berkurang dan semakin berkurang di masa pandemi Covid-19,” ujarnya.