25 radar bogor

Jokowi Tetapkan 4 Provinsi Jadi Acuan Penerapan New Normal, Termasuk Jawa Barat

Presiden-Jokowi
Presiden Jokowi
Presiden-Jokowi
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (15/3/2020)

BEKASI-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menyiapkan kebijakan baru agar masyarakat tetap beraktivitas di tengah mewabahnya virus Korona jenis baru atau Covid-19.

Penerapan awal yang menjadi acuan diterapkannya new normal lebih dulu di empat provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Gorontalo.

Ratusan personel gabungan dari TNI-Polri turut disiagakan untuk mengamankan 1.800 titik yang akan dipantau. Nantinya, tatanan kehidupan baru itu harus lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Ini akan kita lihat dalam satu minggu dampaknya bagaimana, kemudian akan kita lebarkan ke provinsi, kabupaten/kota lainnya apabila terdapat perbaikan,” kata Presiden Jokowi saat meninjau Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5).

Jokowi mengharapkan, masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Sehingga bisa memulai kehidupan melalui tatanan baru.

“Kita ingin sekali lagi masuk ke normal baru, tatanan baru dan kita ingin muncul kesadaran dan kedisiplinan kuat,” tegas Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengharapkan TNI-Polri dapat mengawasi pelaksanaan di lapangan untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Pakai masker, jaga jarak, dan hindarkan orang dari kerumunan atau berdesakan,” pungkasnya.(JPC)