25 radar bogor

Penataan Pertokoan Jalan Otista Hampir Rampung, Warna Tembok dan Awning Seragam

Pekerja sedang memasang tenda/ awning di pertokoan kawasan Jalan Otista Kota Bogor, Rabu (17/4/2024). FOTO : SOFYANSYAH/RADAR BOGOR
Pekerja sedang memasang tenda/ awning di pertokoan kawasan Jalan Otista Kota Bogor, Rabu (17/4/2024). FOTO : SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan penataan kompleks pertokoan di sepanjang Jalan Otista. Pekerjaan yang berlangsung sejak sepekan terakhir ini dilakukan agar lebih estetik.

Baca Juga : Pertokoan di Jalan Otista Bakal Ditata, Warna Tembok dan Awningnya Diseragamkan

Pantauan Radar Bogor, warna tembok dan awning pada toko-toko yang sebagian besar berjualan kuliner di Jalan Otista itu sudah mulai seragam.

“(Penataan) sudah mau beres,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Menurut dia, saat ini ada sebanyak 27 toko yang berada di sepanjang Jalan Otista yang mulai ditata baik papan nama, pengecetan, hingga pemasangan awning.

Perempuan yang kerap disapa Rena itu menyebut, pengerjaan penataan kompleks pertokoan di sepanjang Jalan Otista berlangsung sejak 18 Maret 2024. “Penataan ini tentunya bagian dari ikhtiar agar kawasan Jalan Otista semakin rapih, dan estetik,” ucapnya.

Ke depan, Pemkot Bogor akan menyasar penataan kabel-kabel yang berada di sepanjang Jalan Otista. Di mana, Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) Kota Bogor mulai lakukan penurunan kabel pada akhir April ini. “Jadi tidak ada kabel yang semrawut lagi,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut, penataan yang akan dilakukan ialah menyeragamkan warna tembok dan awning pada toko-toko yang kebanyakan berjualan kuliner di Jalan Otista itu.

Sebanyak 34 toko di Jalan Otista (dari ujung jembatan hingga belokan Jalan Roda) akan dicat ulang sehingga bernuansa terang dengan warna dominan putih. Plang pada toko-toko tersebut juga akan diganti dengan plang yang telah disiapkan.

“Kami akan lakukan pengecatan dan membersihkan kawasan ini. Akan dicat dengan lebih cerah dengan warna putih dan dipasang awning berwarna coklat. Logonya akan diseragamkan supaya tidak berantakan. Semua toko sudah kami buatkan konsepnya diserasikan dengan Jembatan Otista,” ujar Bima saat ditemui Radar Bogor.

Selain itu penataan akan juga dilakukan pada kabel-kabel yang terpasang di sepanjang Jalan Otista ini. Pemkot juga akan melakukan penghijauan dan menyesuaikan jalur pedestrian di wilayah tersebut sehingga jaraknya tidak terlalu tinggi dengan lantai toko.

Dirinya mengatakan penataan ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi ekonomi di kawasan tersebut. Menurutnya penataan yang direncanakan akan membuat kompleks pertokoan Jalan Otista menjadi kawasan ekonomi yang seksi di mata wisatawan.

“Ini adalah gerbang kota bogor yang menyimpan potensi ekonomi. Kawasan ini akan jadi ikon Kota Bogor juga seperti Jembatan Otista,” ucap Bima.

Ia menjelaskan, dalam penataan ini seluruh dana yang digunakan berasal dari CSR Perusahaan Cat Propan dan juga Bank BJB. Bima menggaransi para pemilik toko tidak akan dibebankan biaya apapun.

Pengecatan akan mulai berlangsung pekan depan dan dilakukan secara bertahap. Ke depan, kompleks pertokoan ini akan memiliki fasad layaknya kota-kota di Malaysia dan Singapura.

Baca Juga : Terdampak Akar Pohon, Jalur Pedestrian Jalan Otista Bogor Rusak

“Kami sudah meminta masukan dari warga mengenai rencana ini. Ini sudah pertemuan kedua hasilnya semua mendukung dan menyetujui dengan beberapa catatan yang sifatnya teknis,” tutur dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep