25 radar bogor

Kabupaten Bogor Diguyur Hujan Deras, Pohon hingga Tiang Listrik Ambruk Ancam Warga

Hujan deras yang melanda sebagaian wilayah Kabupaten Bogor, menyebabkan beberapa pohon dan tiang listrik ambruk.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Hujan deras yang melanda sebagaian wilayah Kabupaten Bogor, menyebabkan beberapa pohon dan tiang listrik ambruk. Hujan yang berdurasi satu jam lebih itu, terjadi pada 15:00 WIB, Rabu (17/4/2024).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Kabupaten Bogor, terdapat 9 lokasi pohon tumbang yang tersebar di sejumlah tempat. Kawasan perkantoran Pemkab Bogor paling banyak.

Adapun lokasi sementara pohon tumbang di Cibinong, Kabupaten Bogor, yaitu Perum Mutiara Hijau Residance, Wartawangsa Residance, depan Kantor Dinas Koprasi dan UKM, dan Jalan H. Abdul Ghani II Kelurahan Harapan Jaya.

Lalu di Kantor Kodim 0632, depan kantor Dinas Sosial, kawasan Kantor DPRD, depan rumah dinas wakil bupati, dan bahkan di Palasa Manis pohon tumbang menimpa rumah.

“Saat ini beberapa di antaranya sedang proses evakuasi, seperti di depan kantor Dinsos, Kodim, Abdul Gani, dan depan kantor Dinas Koperasi dan UKM,” kata Kabid Kedaruratan BPBD M. Adam.

Untuk di depan kantor Dinsos, tumbangnya pohon menimpa 5 buah mobil yang sedang terparkir di dekatnya. Alhasil, 1 di antara mobil tersebut rusak parah.

Baca juga: Rumah Warga Pancawati Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Adam menyebut, tak ada korban dalam insiden ini. Saat ini petugas masih tengah melakukan penanganan.

Tak hanya pohon tumbang, tiang listrik juga ikut roboh akibat hujan deras. Seperti yang terjadi di Jalan Bersih samping Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan.

“Tiang listrik itu ambruk timpa rumah warga. Dan menyebabkan lampu jadi padam,” kata salah seorang warga Kabupaten Bogor yang enggan disebut namanya.

Ia menuturkan, imbas dari ambruknya tiang di Kabupaten Bogor tersebut, kabel listrik jatuh menyentuh aspal. Sehingga warga sekitar berinisiatif untuk mengatur lalulintas, agar pengendara yang lewat tidak terkena kabel listrik.(rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari