25 radar bogor

Besok, Kirab Mahkota Binokasih Keraton Sumedang Singgahi Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Keraton Sumedang Larang kembali melakukan kirab Mahkota Binokasih, yang rencananya akan melewati Kota Bogor, besok, Kamis (17/4/2024).

Tidak hanya melewati, Mahkota Binokasih juga akan bermalam di Kota Bogor, sebelum dilepas ke Sumedang pada Jumat (19/4/2024).

Sebelum sampai Kota Bogor, kirab Mahkota Binokasih tersebut juga telah terlebih dahulu melewati Ciamis.

Rangkaian kirab Mahkota Binokasih di Kota Bogor nantinya, akan melewati Gadog Ciawi, lanjut ke Tajur, Batutulis, Empang, dan sampai di Balai Kota Bogor, dan diterima oleh Wali Kota Bogor Bima Arya.

Rombongan Keraton Sumedang dipimpin langsung Radya Anom Karaton Sumedang Larang RD Luky Djohari Soemawilaga, beserta Panglima Puragabaya, serta Menteri Jero, dan Menteri Luar, beserta para kasepuhan Galuh.

Baca juga: Kirab Mahkota Binokasih Kembali Bakal Lewati Bogor, Keraton Sumedang Larang Kunjungi Pemkot

Panitia Lokal Gatut Susanta menyampaikan, jika acara Kirab Mahkota akan dimeriahkan juga dengan Pameran Pusaka Nusantara, dan Sarasehan Budaya, serta Pameran Peradaban Islam di Perpustakaan Kota Bogor

Rencananya, Mahkota Binokasih dilepas dari Bogor ke Keraton Sumedang tanggal 19 April 2024, dilanjutkan rangkaian acara kirab di Sumedang.

“Selain kirab, ada acara lain yang bisa mengedukasi generasi muda tentang Mahkota Binokasih ini, dan dapat menjadi pembelajaran sejarah bagi yang belum paham tentang Mahkota ini, terutama pelajar SMA-SMP,” pungkas Gatut. (*)