25 radar bogor

Seragam Sekolah Diganti Usai Lebaran Dibantah Kemendikbudristek, Tak Ada Perubahan

Ilustrasi seragam sekolah SD, SMP, dan SMA.
Ilustrasi seragam sekolah SD, SMP, dan SMA. (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kabar soal penggantian seragam sekolah usai lebaran, dibantah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Baca Juga : Seragam Sekolah SD, SMP, SMA/SMK Berubah Habis Lebaran? Ada Baju Adat

Kemendikbudristek memastikan tidak ada kebijakan mengenai pergantian seragam sekolah usai Lebaran. “Kami sampaikan jika hal tersebut TIDAK BENAR,” tulis Kemendikbudristek di akun resmi Instagramnya.

Kemendikbudristek menegaskan bahwa tak ada perubahan seragam sekolah, semua masih tetap sama sesuai aturan.

“Tidak ada perubahan aturan mengenai seragam sekolah. Semua masih merujuk pada Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022,” tulis aturan itu.

Atas dasar itulah, kata Kemendikbudriste siswa tidak harus beli seragam sekolah baru. “Tidak ada aturan yang mengharuskan siswa membeli seragam baru pada 2024. Nah, tetap bijak dalam mencerna informasi, ya, #SahabatDikbud. Salam literasi!,” tulis pernyataan itu.

Sesuai dengan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022, tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, berikut Jenis-jenis seragam sekolah untuk SD, SMP hingga SMA/SMK yang ditetapkan Kemendikbudristek:

1. Seragam Nasional

    Adalah pakaian dikenakan oleh peserta didik di sekolah dengan model dan warna yang sama, berlaku secara nasional.

    Pakaian Seragam Nasional digunakan peserta pidik paling sedikit setiap hari Senin dan Kamis serta pada hari pelaksanaan upacara bendera.

    2. Seragam Pramuka

      Untuk pakaian seragam pramuka, mengacu pada model dan warna pakaian seragam yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

      Selain itu, pakaian seragam pramuka digunakan peserta didik pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing Sekolah.

      3. Seragam Khas Sekolah

        Model dan warna pakaian seragam khas sekolah ditetapkan sekolah dengan memperhatikan hak setiap peserta didik untuk menjalankan agama dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya.

        Baca Juga : TPS 16 di Desa Citeko Bogor Pinjam Ruang Sekolah, KPPS Kompak Pakai Seragam SD

        Adapun untuk pakaian pakaian seragam khas sekolah digunakan peserta didik pada hari yang telah ditetapkan oleh masing-masing Sekolah.

        4. Baju Adat

          Sementara itu, untuk penggunaan seragam sekolah pakaian adat, digunakan oleh peserta didik pada hari atau acara adat tertentu. (net)

          Editor : Yosep