25 radar bogor

Kapolda Banten Diminta Tindak Truk ODOL, Ini Solusi Kemacetan Masuk Pelabuhan Merak Kata Menhub Budi Karya

Suasana macet di pintu masuk Pelabuhan Merak Banten, Minggu (7/4/2024). Pemudik harus antre 8 jam.

BANTEN-RADARBOGOR, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi turun tangan mengatasi kemacetan menuju Pelabuhan Merak, Banten yang terjadi sejak puncak arus mudik, yakni 6-7 April 2024. Menhub meminta Kapolda Banten untuk menindak truk ODOL (Over Dimension Over Load). Truk ODOL dinilai menghambat laju kendaraan pemudik, sehingga memicu kepadatan.

Baca juga : Rela Antre 8 Jam untuk Masuk Kapal, Pemudik Asal Jakarta Ini Cerita Terjebak Macet di Pelabuhan Merak

“Tadi kami ada kesepakatan dengan Kapolda, ada tindakan hukum yang harus kita lakukan terhadap ODOL tanpa terkecuali,” kata Menhub Budi dalam keterangan resmi usai menggelar Rakortas sekaligus peninjauan dan pemantauan layanan arus mudik Lebaran 2024, Minggu (7/4/2024).

“Kita minta pemilik untuk mentaati, atau kita akan pinggirkan mereka untuk tidak jalan, karena mereka menganggu perjalanan mudik kali ini,”pungkas Menhub.

Sebelumnya, lalu lintas di exit Jalan Tol Tangerang-Merak (Tamer) menuju Pelabuhan Merak terpantau masih mengalami antrean panjang hingga malam hari ini, Minggu (7/4/2024) pukul 18.57 WIB. Hal ini sebagaimana terpantau dari CCTV milik Astra Infra Toll Road yang diakses melalui camera.margamandala.co.id.

Dilihat di CCTV tersebut, antrean panjang kendaraan terpantau mengular mulai dari KM 96+500 Jalan Tol Tangerang-Merak, pintu masuk Gerbang Tol Merak hingga exit tol Merak.

Bahkan, melalui pantauan udara akun Instagram @inforangkasbitung.id, juga memperlihatkan suasana macet panjang kendaraan pemudik yang hendak masuk ke Pelabuhan Merak.

Pantauan di lapangan, Minggu (7/4/2024), macet panjang dimulai sejak dari tol menuju GT Merak, Gerem dan akses masuk pelabuhan.

“Macet juga dialami sendiri oleh kami yang mulai terkena macet sejak pukul 04.00 WIB dan baru masuk ke Pelabuhan pukul 16.30 WIB,” dikutip dari akun Instagram tersebut.

Imbas kemacetan itu, rekayasa lalu lintas pun dilakukan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dengan menerapkan delay sistem. Salah satunya seperti dilakukan di Rest Area KM 43 Jalan Tol Tangerang-Merak.(jp)

Editor : Pipin