25 radar bogor

H-3 Lebaran, Akses Pelabuhan Merak Macet Hingga 11 KM Pada Dini Hari

Pelabuhan Merak
Ilustrasi Pelabuhan Merak

JAKARTA-RADAR BOGOR, Lalu lintas padat menuju Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten. Kondisi ini berlangsung dari kemarin hingga Minggu (7/4/2024) dini hari pukul 03.00 WIB.

Baca Juga :Selain Kendaraan, Warga Bogor Juga Bisa Titip Barang pada Polisi Selama Mudik, Begini Caranya

Berdasarkan video yang beredar, antrean kendaraan pribadi dan bus AKAP memasuki penyeberangan mengular menuju Pelabuhan Merak.

Sekitar enam lajur jalan tol antara Tol Tangerang-Merak penuh dengan kendaraan yang mengular dan hampir tidak bergerak.

Proses kemacetan berlanjut hingga masuk ke Tol Tangerang Merak, yang terletak di KM 92-600, atau di Kaligandu, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Banten.

Lokasi ini sekitar enam kilometer dari Gerbang Tol Tangerang-Merak. Selain itu, ada sekitar 5 km lagi antara GT Tangerang-Merak dan Pelabuhan Merak.

Dengan kata lain, kemacetan di jalan penyeberangan telah mencapai sekitar 11 kilometer di luar Pelabuhan Merak. Jalan Cikuasa Atas telah diubah menjadi area perlindungan atau kantong parkir.

Meskipun pemudik yang melakukan perjalanan tidak memiliki tiket ke Pelabuhan Merak, mereka dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan setelah tiba di pelabuhan.

Pengalihannya dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan di Pelabuhan Merak sesuai kesepakatan antara Polri, ASDP, Pemprov Banten, dan otoritas pelabuhan.

Sejak Sabtu (6/4/2024), lebih dari 29 ribu mobil telah melalui Pelabuhan Merak untuk menuju Sumatera.

Dijelaskan Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan, antrean di Penyebrangan Merak terjadi karena kendala kapasitas yang tidak memadai.

“Kami menerapkan sistem penundaan perjalanan atau penundaan perjalanan (delaying system) mulai dari KM 13 kemarin, dan kemudian di Gerbang Tol Cikupa kami mempersingkat 13 gerbang menjadi 10 gerbang yang dioperasionalkan,” katanya.

Menurut Aan, penerapan sistem penundaan itu memang menghambat lalu lintas kendaraan menuju Pelabuhan Merak. Namun, metode ini perlu dilakukan agar arus lalu lintas kendaraan di area pelabuhan tetap mengalir.

Aan menyatakan bahwa, ada beberapa titik penting yang mengarah ke pelabuhan, di mana tidak boleh terjadi penguncian antara kendaraan masuk dan keluar.

Baca Juga : Simak 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Jika terjadi, yang keluar tidak bisa masuk atau yang mau masuk tidak bisa masuk, ini akan mengunci dan dampaknya akan lebih luas. Ia berharap masyarakat mengetahui pengaturan lalu lintas menuju Pelabuhan Merak ini. (net)

Editor : Yosep