25 radar bogor

Mau Mudik Tapi Tetap Puasa? Tenang, Ikuti Tips Sehat Berikut Ini

Ilustrasi Mudik

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bagi Anda yang tetap ingin berpuasa meski sedang dalam perjalanan mudik, bisa saja. Namun kondisi fisik anda harus benar-benar prima.

Baca Juga : Lebaran Segera Tiba, Berikut Kumpulan Ucapan Idul Fitri 2024 yang Formal dan Singkat

Ya, perjalanan mudik ke kampung halaman membutuhkan kondisi fisik yang baik. Nah, agar mudik berjalan lancar, berikuta beberapa saran yang aman dan sehat untuk memastikan bahwa puasa Anda tidak batal meskipun sedang dalam perjalanan jauh.

1. Siapkan Fisik dengan Baik Sebelum Berangkat

Sebelum melakukan perjalanan jauh selama puasa, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang baik. Jauh sebelum keberangkatan, mulailah dengan memeriksa kesehatan dan meningkatkan stamina Anda. Saat sahur, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zinc dan vitamin C.

Selain itu, beberapa hari sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan Anda mendapatkan cukup waktu tidur selama 7 hingga 8 jam setiap malam dan hindari mengemudi saat Anda mengantuk.

2. Makan Sahur yang Bergizi dan Cukup

Pastikan Anda mendapatkan asupan gizi yang cukup saat sahur dan berbuka sebelum melakukan perjalanan jauh selama puasa.

Anda juga dapat mengonsumsi multivitamin untuk menjaga stamina Anda saat bepergian. Jangan lupa bahwa vitamin akan membantu Anda tetap segar saat bepergian.

3. Perhatikan Asupan Cairan Anda

Selama perjalanan jauh, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum cukup air putih.

Setidaknya 1,5 hingga 2,5 liter air, atau enam hingga delapan gelas, harus dikonsumsi oleh tubuh Anda setiap hari. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan Anda selama sahur dan berbuka puasa.

4. Membawa Obat

Melakukan perjalanan jauh selama puasa dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama karena tubuh menjadi lebih rentan selama perjalanan.

Baca Juga : Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan, Indocement Pabrik Citeureup Bagikan 27 Ton Beras Zakat

Oleh karena itu, sangat disarankan bahwa Anda membawa obat-obatan penting ke dalam kotak P3K Anda. Beberapa contoh obat yang harus dibawa termasuk minyak angin, obat pereda nyeri, obat anti-mabuk, obat untuk masalah lambung, kain kasa, dan obat P3K lainnya. (net)

Editor : Yosep