25 radar bogor

Masuk Tiga Kecamatan di Bogor dengan Cakupan IKD Terbanyak, Tajurhalang Diganjar Penghargaan

Pemerintah Kecamatan Tajurhalang diganjar penghargaan cakupan identitas kependudukan digital ( IKD) terbanyak ke tiga di Kabupaten Bogor.
Pemerintah Kecamatan Tajurhalang diganjar penghargaan cakupan identitas kependudukan digital (IKD) terbanyak ke tiga di Kabupaten Bogor.

TAJURHALANG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kecamatan Tajurhalang diganjar penghargaan cakupan identitas kependudukan digital (IKD) terbanyak ke tiga di Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Ribuan Paket Sembako Gratis Ditebar Untuk Warga di Rumpin Bogor

Camat Tajurhalang Ivan Pramudya mengatakan, pemerintah Kecamatan Tajurhalang, terus melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakatnya untuk mengunakan identitas kependudukan digital ( IKD).

Kata dia pada tahun lalu saja, cakupan warga Tajurhalang yang sudah menggunakan IKD sebanyak 723 warga.

“Ini angkanya terus bertambah, kami terus sosialisasikan kepada masyarakat,” katanya kepada Radar Bogor Rabu (3/4/2024).

Kata dia, dengan IKD ini, masyarakat juga lebih mudah dalam mengajukan dokumen kependudukan. “Cukup download di play store,” tuturnya.

Sementara itu Kadisdukcapil Kabupaten Bogor Hadijna mengatakan, untuk tiga Kecamatan di Kabupaten Bogor dengan cakupan IKD terbanyak ada di Kecamatan Cibinong, Kecamatan Tajurhalang dan Kecamatan Gunungsindur.

“Tertinggi pertama Kecamatan Gunungsindur, kedua Kecamatan Cibinong dan ketiga Kecamatan Tajurhalang,” katanya kepada Radar Bogor Rabu (3/4/2024).

Ia berharap semakin banyak masyarakat yang aktivasi IKD tersebut. Jaga dia, IKD merupakan aplikasi digitalisasi identitas yang digunakan sebagai pengganti KTP elektronik (e-KTP).

Warga yang telah memegang KTP tinggal melakukan pembaruan ke dukcapil agar rekaman identitasnya berlaku secara online.

Baca Juga : Lansia di Tajurhalang Bogor Didatangi Polisi, Ini yang Dilakukan

KTP digital ini akan lebih memudahkan keperluan masyarakat dalam memanfaatkan akses pelayanan publik tanpa harus membawa KTP fisik. IKD tidak hanya memuat data KTP, tapi juga ada biodata keluarga juga kartu identitas anak (KIA). (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep