25 radar bogor

Catat! Ini Rekayasa Lalu Lintas Jalur Puncak Bogor Selama Libur Lebaran 2024

Sejumlah kendaraan di exit Tol Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor. Polres Bogor lakukan rekayasa lalulintas untuk mengurai kemacetan selama libur Lebaran. Foto : Radar Bogor / Hendi Novian

MEGAMENDUNG-RADAR BOGOR, Satlantas Polres Bogor bakal menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas jalur Puncak, selama libur Raya Idul Fitri, dan cuti bersama 2024.

Rekayasa lalu lintas Jalur Puncak diambil, guna mengurai kepadatan yang biasa terjadi di sana, saat musim liburan.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Rizky Guntama mengatakan, rekayasa lalu lintas Jalur Puncak yang akan diterapkan, salah satunya sistem ganjil-genap. Penerapan itu berlaku mulai Sabtu (6/4) hingga Senin (15/4) pasca perayaan Idul Fitri.

“Selama periode tanggal 6 hingga 15 April, sistem ganjil-genap akan diberlakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalur wisata Puncak,” ucapnya, Rabu (3/4/2024).

Selain sistem ganjil-genap, Satlantas Polres Bogor juga bakal menerapkan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah di Jalan Raya Puncak. Baik dari arah Puncak Bogor maupun arah Jakarta.

“Penerapan one way disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan,” jelas Rizky.

Pihaknya juga mengimbau kepada para pemudik dan wisatawan yang akan melintasi Jalan Raya Puncak Bogor, untuk memeriksa kondisi kesehatan kendaraan.

Bacaa juga: Weekend Motoran ke Puncak Dijamin Bebas Macet, Yuk Telusuri Indahnya Jalur Puncak 2 Bogor

Hal itu mengingat topografi Jalan Raya Puncak yang cenderung berbukit. Meski ada rekayasa lalu lintas Jalur Puncak, juga tak menutup kemungkinan jalur tersebut tetap macet.

“Rekayasa lalu lintas Jalur Puncak sebagai antisipasi kami, warga tetap jaga kesehatan, beristirahatlah jika diperlukan, periksa kondisi kendaraan, taati rambu lalu lintas, dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Jika memerlukan bantuan, hubungi Satlantas Polres Bogor,” tandasnya.(cok)

Penulis: Septi
Editor: Rany Puspitasari