25 radar bogor

Program Startup School Antarkan Mahasiswa IPB University Sukses Ekspor Produk Healthy Chips

Program Startup School Antarkan Mahasiswa IPB University Sukses Ekspor Produk Healthy Chips

BOGOR-RADAR BOGOR, PT Export Tani Nusantara atau Future Agri merupakan perusahaan perdagangan internasional yang dikelola oleh mahasiswa IPB University.

Perusahaan yang dikelola mahasiswa IPB University ini telah mengekspor produk unggulannya Healthy Chips ke beberapa negara seperti Singapura, China, Uni Emirat Arab (UEA) dan Amerika Serikat. Seperti apa kisah di balik sukses ini?

Chief Executive Officer (CEO) Future Agri yang dikelola mahasiswa IPB University Al Fiqie mengatakan, perusahaan ini berdiri pada 28 Oktober 2022 dengan visi utamanya mengangkat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia ke pasar global.

Perusahaan ini didirikan bersama empat mahasiswa IPB University lainnya yakni Muhammad Syihabuddin Balya, Rizvan Adrian Kurniawan, Siril Fuad dan M Fadhillah Hendri serta Rifma Dara sebagai pemilik produk.

Al Fiqie bercerita, Future Agri berangkat dari permasalahan sulitnya mendapatkan akses pasar serta panjangnya rantai distribusi pemasaran. Permasalahan ini pernah terjadi di daerahnya, Padang, Sumatera Barat. Ketika terjadi over supply, petani di daerahnya bingung mau dipasarkan ke mana sehingga banyak hasil panen yang terbuang.

“Sungguh sangat miris. Namun, sekelompok pemuda hadir untuk mencoba menyelesaikan permasalahan ini dengan cara menghubungkan petani, nelayan dan UMKM ke pasar internasional. Kami mengetahui besarnya permintaan pasar berbagai produk Indonesia di market global,” kata Al Fiqie di hadapan para pimpinan IPB University, pada (27/3).

Baca juga: Keren! Mahasiswa IPB University Berhasil Ekspor Produk Healthy Chips Perdana ke Amerika Serikat

Lanjut Al Fiqie, Future Agri sebagai pelaku eksportir bekerja sama dengan beberapa supplier berbasis UMKM di Malang, Jawa Timur untuk memasarkan produknya ke pasar global. Usahanya sempat gagal di tahun pertama. Namun, berkat konsistensi, kemauan dan tekad yang kuat akhirnya membuahkan hasil.

Al Fiqie mengatakan, saat ini Healthy Chips sudah ada 15 varian. Future Agri sebagai perusahaan perdagangan internasional akan fokus mengekspor produk ini ke pasar global sebagaimana visinya “Bridging UMKM to Worldwide Market”.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dari Future Agri yang telah survive sampai sekarang walaupun belum banyak yang kita achieve tapi setidaknya karena orientasi dari awal itu sudah satu visi, sehingga kita bisa survive dalam keadaan dan risiko apapun,” tutur mahasiswa Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University ini.

Tidak lupa, Al Fiqie juga berterima kasih kepada Direktorat Kemahasiswaan IPB University, yang telah memfasilitasi mahasiswa yang tertarik dengan bisnis melalui program Startup School. Program ini memberikan akses dan peluang untuk berhubungan dengan pihak investor dan mentor bisnis. (*)