25 radar bogor

Data Sementara Dampak Ledakan Gudang Amunisi: 31 Rumah Warga Bogor Rusak

Tim penjinak Bom TNI sisir proyektil senjata di pemukiman warga, Kota Wisata, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Minggu (31/3/2024). Sebanyak 15 gudang di Kompleks Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Ciangsana, meledak dan terbakar pada Sabtu (30/3) malam. foto : Radar Bogor : Hendi Novian

GUNUNG PUTRI-RADAR BOGOR, Pemkab Bogor saat ini tengah melakukan assessment atau pendataan rumah terdampak ledakan gudang amunisi TNI, di Ciangsana Gunung Putri Bogor.

Hal ini disampaikan Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu saat mengunjungi tempat pengungsian warga terdampak ledakan gudang amunisi, Minggu (31/3/2024).

“Hari ini langsung kita lakukan assessment atas rumah warga yang terkena serpihan-serpihan akibat dari ledakan gudang amunisi tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, assessment ini akan dilakukan selama 14 hari. Setelah itu, akan dilakukan rekonstruksi pemulihan rumah warga yang mengalami kerusakan.

“Informasi sementara ada rumah yang kacanya pecah, pintu bergeser, kemudian plafon retak,” sebutnya.

Baca juga: Ratusan Warga Bogor Terdampak Ledakan Gudang Amunisi, Pj Bupati Beberkan Datanya

Sementara itu, Kepala Desa Ciangsana Udin Saputra menyebut, data yang mereka miliki sementara terdapat 31 rumah rusak.

Jenis kerusakan yang dialami, yaitu kerusakan ringan disejumlah bagian.

“Ada kerusakan seperti atapnya jebol atau bolong juga retak. Lalu ada jendela atau pintu yang bergeser dan agak yang pecah seperti itu,” sebutnya.

Ia pun memastikan, pemerintah akan terus membantu membantu masyarakat agar rumahnya dilakukan pemulihan dan rehabilitasi.

Selain itu, Kodam Jaya juga disebut bakal bertanggungjawab melakukan perbaikan rumah warga terdampak ledakan gudang amunisi.

“Mulai dari Pj Gubernur, Pj Bupati, hingga Pangdam Jaya memastikan akan melakukan perbaikan rumah warga terdampak ledakan gudang amunisi yang rusak,” ungkapnya. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari