25 radar bogor

Pendaftaran Mudik Gratis 2024 Kemenhub Kembali Dibuka, Ada 10 Ribu Kursi Tambahan

Ilustrasi mudik gratis
Ilustrasi mudik gratis

JAKARTA-RADAR BOGOR, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka kembali pendaftaran mudik gratis 2024 untuk moda transportasi bus. Disediakan kuota tambahan 10.000 kursi untuk arus mudik dan balik.

Baca Juga : Tingginya Antusias Masyarakat, Jadi Alasan Tiket Mudik Gratis di Bogor Ludes Sehari

Tingginya antusiasme masyarakat untuk program mudik gratis Lebaran 2024/1445 H menjadi alasan Kemenhub membuka kembali pendaftaran mudik gratis. Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor juga turun sebagai akibat dari mudik gratis ini.

Sebagai informasi, pada tanggal 6 Maret 2024, Ditjen Perhubungan Darat membuka pendaftaran mudik gratis angkutan lebaran 2024 dengan kuota 30.088 untuk mudik dan balik, dan kuota tersebut telah terpenuhi di semua kota tujuan mudik dan balik.

Kali ini, Ditjen Perhubungan Darat menyiapkan kembali kuota 10.000 orang, dan masyarakat berharap dapat memanfaatkannya.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno menyatakan bahwa kuota total 40.088 orang untuk mudik gratis 2024 disediakan oleh Ditjen Hubdat. Dari 10.000 penumpang, 8.680 adalah arus mudik dan 1.320 adalah arus balik.

Pendaftaran untuk semua kuota ini akan dimulai pada hari Sabtu 30 Maret 2024 pukul 08.00 WIB melalui aplikasi MitraDarat. Setelah kuota terpenuhi, pendaftaran akan ditutup.

26 kota yang sering digunakan untuk mudik adalah Garut, Cirebon, Blora, Boyolali, Cilacap, Tegal, Demak, Jepara, Kebumen, Klaten, Magelang, Madiun, Pati, Malang, Pekalongan, Purwokerto, Semarang, Sragen, Solo, Wonosobo, Tulungagung, Tuban, Wonosari, Bengkulu, Palembang, dan Lampung.

Baca Juga : Jelang Musim Mudik, Bus di Terminal Baranangsiang Diperiksa Petugas, Begini Hasilnya

Menurutnya, ada tujuh kota yang merupakan lokasi awal arus balik, yaitu Semarang, Purwokerto, Solo, Surabaya, Wonogiri, Yogyakarta, dan Madiun. (net)

Editor : Yosep