25 radar bogor

Persiapan Pilkada, Mendagri Minta Pj Bupati Bogor Lakukan Ini

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebut ada sejumlah arahan yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian, mengenai isu strategis terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Fikri/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menyebut ada sejumlah arahan yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian, mengenai isu strategis terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Di antaranya untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan jelang Pilkada, di sejumlah daerah di tanah air, khususnya Kabupaten Bogor.

Hal itu disampaikan usai mengikuti rapat koordinasi Pilkada, yang dilaksanakan secara zoom meeting yang berlangsung di Command Center Kabupaten Bogor, Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Siap-Siap Pilkada, Bakal Calon Wali Kota Bogor Dedie Rachim Mulai Safari ke Markas Parpol

Ia mengatakan, dalam rapat itu juga, seluruh Pj Kepala Daerah harus mulai mengetahui situasi dan kondisi daerahnya.

“Tentunya hal itu untuk menciptakan Pilkada dan sistem pemerintahan yang kondusif, harmonisasi dan mencegah terjadinya perpecahan dan konflik,” katanya.

Selain itu, Ia menuturkan, rakor ini Kemendagri juga membahas terkait tata kelola penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Selain Pilkada, juga soal penyelarasan menyelaraskan visi-misi daerah dengan RPJM Nasional.

“Jadi selain Pilkada, juga ada membahas soal transisi dari Pj Gubernur, Pj Bupati maupun Walikota ke Gubernur, Bupati dan Walikota definitif bisa sinkron dengan visi misi nasional,” tuturnya. (rp1)

Penulis: Fikri
Editor: Rany Puspitasari